Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pendaftaran Parpol, KPU Pati Siap Layani Konsultasi

Pendaftaran Parpol, KPU Pati Siap Layani Konsultasi
Devisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pati Suprianto saat menjelaskan di kantor kerjanya. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Tahapan Pemilu 2024 memasuki masa pendaftaran partai politik (Parpol). Agenda itu berlangsung selama dua pekan (1-14/8/2022).

Selama masa pendaftaran itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati siap melayani konsultasi partai politik di tingkat kabupaten.

Devisi Teknis Penyelenggaraan KPU Pati Suprianto mengatakan, tahapan pendaftaran dilakukan di KPU Pusat. Pendaftaran dilakukan dengan menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

”Untuk semua ini dilakukan di KPU RI. KPU Kabupaten atau Kota sifatnya menunggu pendaftaran DPP (partai) pusat ke KPU RI,” ujarnya pada Selasa (2/8/2022).

Baca: KPU Pati Siap Verifikasi Pendaftaran Parpol Pemilu 2024

Pihaknya pun siap melayani parpol bila mengalami kendala di masa pendaftaran ini. Terutama ketika parpol di daerah menemui kendala guna menunjang DPP bisa mendaftar di pusat.

”Kami hanya membuka layanan konsultasi dan mekanisme atau tata cara, maupun tentang penggunaan  sistem pendaftaran partai politik (sipol),” terangnya.

Pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pengurus partai di Kabupaten Pati. Rapat koordinasi dengan sejumlah DPC Partai dilakukan pada 29 Juli kemarin.

”Kita juga mengumumkan kepengurusan partai politik yang belum sempat melapor ke kita, untuk dipersilakan melapor dalam rapat koordinasi tersebut,” terangnya.

Suprianto mengatakan berdasarkan rilis KPU RI hingga Selasa pagi, sudah ada emam partai yang terdaftar sebagai peserta pemilu. Sedangkan ada tiga partai yang masih dalam proses.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...