Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Dampak Kelamaan Menonton Drama Korea untuk Kesehatan Mata, Jangan Anggap Sepele!

Foto: Ilustrasi orang nonton drama Korea (Murianews)

MURIANEWS, Kudus – Serial drama Korea atau biasa disingkat Drakor saat ini banyak digemari orang Indonesia. Tidak hanya anak muda, bahkan orang tua juga banyak yang tertarik menyaksikan serial drama dari Negeri Ginseng ini.

Pada zaman milenial ini, menonton beragam tayangan film bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan dengan menggunakan gadget sudah bisa menonton film yang disukai, termasuk drakor.

Adanya Streaming platform menjadikan masyarakat makin mudah mendapatkan hiburan. Menonton lewat streaming platform sangat memudahkan karena bisa dinikmati kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Ini Tips Mencegah Mata Lelah akibat Bekerja Terlalu Lama di Depan Laptop

Sayangnya, ada sebagian orang yang kelewatan dalam menonton drakor ini. Di mana, mereka betah duduk berjam-jam bahkan seharian demi menonton serial drakor favoritnya.

Melansir dari Hello Sehat, Selasa (2/8/2022), menonton drakor hingga lupa waktu ini sebaiknya harus dihindari. Pasalnya, ada dampak negatif bagi kesehatan mata

Dilansir dari Shanghaiist, perempuan asal Cina yang berumur 20 tahun hampir buta karena menonton drama Korea selama 18 jam. Setelahnya, perempuan tersebut mengeluhkan rasa sakit yang tajam di mata, pandangan buram, dan sakit kepala.

Keesokan harinya keluhan bertambah parah hingga Ia memutuskan untuk memeriksakan ke dokter. Sesampainya di dokter, perempuan tersebut didiagnosis glaukoma akut dan hampir buta jika tidak segera ke dokter.

Meski tak ada kasus ekstrem akibat menonton drama korea, di Indonesia sendiri drama Korea telah menjadi tontonan wajib sebagian besar remaja hingga dewasa.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Rastati, at all tahun 2020 di Indonesia, lebih dari 90 persen responden mengaku menonton drama Korea. Sebanyak 842 dari 924 responden mengatakan menonton drama Korea selama pandemi dibanding sebelum pandemi. Berdasarkan hasil survei yang sama, mereka menonton drama Korea sebanyak 6 kali seminggu dengan rata-rata 4,6 jam per hari.

Tingginya penonton drama korea ini tak lepas dari adanya pandemi yang mengharuskan orang-orang berada di rumah. Semua aktivitas seperti bekerja, mencari hiburan, hingga bercengkrama dengan kerabat semua dilakukan secara virtual.

Sayangnya, banyak yang masih belum menyadari dampak negatif akibat menonton drama Korea terlalu lama untuk kesehatan mata.

Dampak negatif akibat terlalu lama menonton drama korea

Menatap layar kaca dengan periode waktu yang lama per harinya dapat menimbulkan gangguan kesehatan khususnya mata. Kelelahan otot mata dan mata merah tak jarang sering dikeluhkan mereka yang menatap layar kaca dengan waktu lama.

Kelelahan otot mata

Kelelahan otot mata adalah kondisi umum yang sering terjadi pada mereka yang menatap layar kaca atau gadget dalam jangka waktu yang lama. Kelelahan otot mata akan mengakibatkan sakit kepala dan pandangan sulit fokus atau buram.

Kondisi ini menjadi dampak negatif menonton drama Korea seharian yang bisa muncul.

Mata merah

Mata merah terjadi saat air mata tidak mencukupi untuk melumasi mata. Ketika mata memerah, biasanya akan terasa perih. Hal ini terjadi karena saat menyaksikan drama Korea, mata kita akan lebih jarang untuk berkedip.

Maka mata akan cenderung mengering dan memerah.

Saat hal ini terjadi, Anda akan merasakan mata perih, buram, berair, dan sensitif terhadap cahaya. Banyak orang yang gagal menyadari bahwa mereka sedang mengalami kelelahan otot mata dan mata merah.

Maka, saat Anda merasakan gejala di atas, segera istirahatkan mata dari tontonan drama Korea, ya.

Tips nyaman menonton drama Korea

1. Istirahatkan mata

Pada pergantian episode coba untuk istirahatkan mata sejenak. Disela-sela waktu tersebut, Anda dapat memerhatikan sekitar, melakukan peregangan badan dan mata. Jangan lupa untuk sering berkedip.

Manusia umumnya berkedip sebanyak 15 kali per menit. Tetapi saat menatap gadget kita hanya berkedip sebanyak 5-7 kali per menitnya.

Padahal, berkedip merupakan salah satu cara mata untuk melembapkan kembali permukaan mata. Dengan mengistirahatkan mata, dampak negatif akibat maraton menonton drama Korea bisa dihindari.

2. Nyalakan lampu

Saat layar gadget lebih terang dari ruangannya, mata akan bekerja lebih keras untuk melihat layar kaca. Jadi, pastikan Anda menyesuaikan cahaya gadget dengan ruangan di sekitar, ya.

3. Jaga jarak pandang dengan gadget

Idealnya jarak antara TV dengan penonton adalah 2,5 – 3 meter. Selain jarak, tinggi TV dengan tinggi mata juga harus disesuaikan. Hal ini akan membantu mengurangi kelelahan otot mata dan mata merah.

Hal ini juga berlaku jika Anda menontonnya menggunakan laptop atau handphone. Jangan menonton terlalu dekat apalagi sambil berbaring.

4. Batasi waktu menonton

Putuskan berapa lama waktu yang diinginkan untuk menonton drama korea. Misalnya, maksimal dua episode per hari. Maka, atur stopwatch atau alarm selama 2 jam waktu untuk menonton drama korea. Setelah alarm berbunyi, pindah dan lakukan aktivitas lain.

Hal ini dilakukan semata-mata agar Anda tidak merasakan dampak negatif dari menonton drama Korea untuk mata.

5. Gunakan obat tetes mata

Ketika mata sudah mulai terganggu seperti, merah, gatal, dan berair, gunakan obat tetes mata untuk mengembalikan kelembapan yang hilang saat menonton drama Korea.

Salah satu kandungan penting yang terdapat di obat tetes mata adalah Tetrahydrozoline Hydrochloride. Kandungan ini dapat meredakan kemerahan di mata akibat iritasi ringan.

Sebenarnya, menonton drama Korea sebatas untuk hiburan adalah hal yang wajar dan boleh-boleh saja. Namun, perhatikan juga dampak negatif akibat menonton drama Korea, ya.

Jangan sampai Anda keasyikan nonton dan lupa waktu sehingga abai terhadap kesehatan mata.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com

Comments
Loading...