Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Jabar

Keren! Kades Ini Beri Pinjaman Warganya Hingga 200 Juta Tanpa Bunga

Keren! Kades Ini Beri Pinjaman Warganya Hingga 200 Juta Tanpa Bunga
Yosa Novita (Tengah) Kepala Desa Kawunghilir, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka (istimewa)

MURIANEWS, Majalengka – Yosa Novita, Kepala Desa (Kades) Kuwunghilir, Kecamatan Cigasong, Kabupaten majalengka, Jawa Barat mempunyai program pinjaman kepada warganya dengan bunga nol persen.

Hal ini dilakukannya untuk membantu warga yang membutuhkan. Selain itu juga untuk memberantas praktik rentenir di desanya.

Novita mengaku memberikan pinjaman kepada warga hingga Rp 200 juta itu adalah dari kantong pribadinya.

”Uang ini saya siapkan untuk mengurangi peminjaman masyarakat Kawunghilir kepada rentenir. Pinjaman uang ini tanpa bunga,” kata Novita, dikutip dari detikjabar.com, Selasa (2/8/2022).

Baca: Kakek Renta Dipaksa Ngemis Cucu di Grobogan, Ini Kata Kades

Dia juga mengaku prihatin jika ada masyarakatnya yang menjadi korban rentenir atau lintah darat. Sebab, di desanya itu ternyata banyak praktik rentenir yang justru dapat menganggu perekonomian warga.

”Bagi saya rentenir atau bank emok itu sangat meresahkan masyarakat. Setidaknya program pinjaman tanpa bunga dari uang saya pribadi ini mencegah hal-hal pinjaman kepada rentenir,” ujar dia.

Novita juga menjelaskan, program pinjaman tanpa bunga itu sudah berlangsung sejak dirinya menjabat sebagai Kades. Selain itu, program ini untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Baca: Mahfud MD Sebut Pinjol ilegal adalah Rentenir Era Digital

”Karena pas Covid-19 itu banyak sekali warga yang terdampak, seperti wirausahanya tutup, banyak yang kena PHK. Jadi, ketika ada yang pinjam, silakan, gunakan untuk kembali bangkit berusaha, membuka lagi usaha yang telah tutup,” terangnya.

Adapun limit kredit program tersebut, Yosa membatasi peminjaman maksimal Rp 15 juta per keluarga. Hal itu agar terbagi rata untuk semua masyarakat.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detikjabar.com

Comments
Loading...