Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bareskrim Polri Blokir Rp 8 Miliar Sisa Dana ACT

Bareskrim Polri Blokir Rp 8 Miliar Sisa Dana ACT
Foto: Logo ACT (act.id)

MURIANEWS, Jakarta – Bareskrim Polri berhasil mengamankan sebanyak Rp 8 miliar yang merupakan sisa dana penghimpunan dari lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Dana tersebut masih berada di rekening ACT sehingga langsung dilakukan pemblokiran oleh Bareskrim.

Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan, dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh tim penyidik, terdapat dana Rp 3 miliar di beberapa rekening ACT. Kemudian di rekening yang lain juga ditemukan sebanyak Rp 5 miliar.

“Total ada Rp 8 miliar yang berhasil ditemukan tim penyidik. Semuanya sudha diblokir, termasuk rekening atas nama ACT,” katanya, dikutip dari Detik.com, Selasa (2/8/2022).

Baca: Bareskrim Polri Sita 44 Mobil dan 12 Motor Milik ACT

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah menetapkan Presiden ACT Ibnu Khajar dan mantan Presiden ACT Ahyudin sebagai tersangka kasus dugaan penggelapan dana donasi. Ahyudin dan Ibnu Khajar serta dua tersangka lainnya terancam hukuman 20 tahun penjara.

”Kalau TPPU sampai 20 tahun,” kata Wadirtipideksus Bareskrim Polri Kombes Helfi Assegaf di Mabes Polri.

Dua tersangka lainnya, yakni Hariyana Hermain, yang merupakan salah satu pembina ACT dan memiliki jabatan tinggi lain di ACT, termasuk mengurusi keuangan. Ada juga tersangka lain, yakni Novariandi Imam Akbari (NIA), selaku Ketua Dewan Pembina ACT.

Baca: Dana ACT Juga Mengalir ke Koperasi 212, Jumlahnya Fantastis

Keempatnya pun disangkakan Pasal Tindak Pidana Penggelapan dan/atau Penggelapan Dalam Jabatan dan/atau Tindak Pidana Informasi dan Transaksi Elektronik dan/atau Tindak Pidana Yayasan dan/atau Tindak Pidana Pencucian Uang Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 372 KUHP, lalu Pasal 374 KUHP.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...