Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

TPA Bandengan Jepara Overload

TPA Bandengan Jepara Overload
Kondisi TPA Bandengan Jepara yang sudah overload. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Tempat pembuangan akhir (TPA) Bandengan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah overload. Kapasitas harian yang seharusnya 100 ton sampah saja atau sekitar 285,7 meter kubik, kini mencapai 147 ton atau setara 420 meter kubik.

Suparso, Kepala UPT Pengelolaan Sampah di TPA Bandengan Jepara, Selasa (2/8/2022) mengatakan, di Kabupaten Jepara sendiri ada dua TPA.

Selain TPA Bandengan, yakni TPA Gemulung, Kecamatan Pecangaan. Dua TPA itu menampung total 400 ton sampah per harinya.

”Sekarang hampir semua sampah dari seluruh Jepara dibuang di TPA Bandengan. Padahal kapasitas harian di sini hanya sekitar 100 ton saja,” kata dia.

Baca: Gas Metan TPA Jepara Kembali Dimanfaatkan Warga

Suparso menyebut, luas TPA Bandengan hanya 7,2 hektare area. Di sisi lain, karena kini menjadi tumpuan utama, kondisi TPA Bandengan menjadi cepat penuh.

Untuk mengantisipasi kondisi tak ada tempat untuk sampah baru di sana, pemerintah daerah bakal memperluas TPA Bandengan.

”Dalam waktu dekat akan ada perluasan seluas 5 hektare di TPA Bandengan,” ujar Suparso.

Untuk mengurai sampah agar tak semuanya bertumpu pada TPA Bandengan, Pemkab Jepara memecahnya di desa-desa. Pemerintah sudah membuat kebijakan soal desa mandiri sampah.

Semua desa, diperintahkan untuk membuat regulasi, kelembagaan, teknis, pembiayaan serta peran masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Kini, tercatat ada sekitar 138 bank sampah di desa-desa. Namun, karena beragam masalah, yang aktif tak sampai sepuluh bank sampah.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...