Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sura, Makam Sunan Kudus Dipenuhi Peziarah

Peziarah memanjatkan doa di depan Makam Sunan Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kunjungan peziarah di Makam Sunan Kudus yang berletak di komplek Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah, mulai meningkat seiring berjalannya tradisi Buka Luwur Makam Sunan Kudus di bulan Muharram atau Sura. Jumlah peziarah, bahkan bisa tembus lima ribu orang per hari di akhir pekan.

Humas Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) Denny Nur Hakim menyampaikan, fenomena ini memang terjadi di tiap tahunnya. Kebanyakan dari peziarah justru lebih banyak dari luar Kudus.

”Mulai 1 Muharram di hari Sabtu akhir pekan kemarin kunjungannya mulai meningkat tajam, yang akhir pekan memang rata-rata dari luar kota,” katanya, Selasa (2/8/2022).

Sementara pada hari-hari biasa seperti saat ini, jumlah kunjungan berada di angka tiga ribuan peziarah. Di mana mayoritas berasal dari dalam wilayah.

Baca: Makam Sunan Kudus Tanpa Luwur, Kental Nilai Historis

Untuk mengantisipasi penumpukan peziarah di area makam, pihak yayasan telah menyiapkan petugas pengurai dan memberlakukan pintu masuk dan ke luar yang berbeda.

”Kami tetap berupaya memberikan kenyamanan dan keamanan kepada peziarah yang datang,” ujarnya.

Martini, salah satu peziarah asal Tuban, Jawa Timur mengaku memang sengaja datang ke Makam Sunan Kudus saat masa perayaan Buka Luwur Sunan Kudus.

”Biasanya kain-kain di area makam itu dilepas kalau pas bulan-bulan Muharram ini, nah kebetulan pas memang sengaja ingin berziarah sambil melihat makam Sunan Kudus yang tidak ada penutupnya,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...