Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Perbaikan Tanggul Sungai Sat Pati Capai 80 Persen

Perbaikan Tanggul Sungai Sat Pati Capai 80 Persen
Pekerja sedang membangun tanggul Sungai Sat. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Perbaikan tanggul Sungai Sat secara permanen di Desa Tunjungrejo, Kecamatan Margoyowo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah telah mencapai 80 persen, Selasa (2/8/2022).

Terlihat beberapa pekerja sibuk menguatkan tanggul dengan batu kali dan material bangunan. Pembangunan tanggul itu sudah dilakukan beberapa hari setelah tanggul jebol pada Kamis (14/7/2022) lalu.

Awalnya, warga dibantu relawan dan personel TNI/Polri membangun tanggul darurat. Mereka memanfaatkan karung tanah dengan diapit puluhan batang bambu sebagai penopang.

Setelah tanggul darurat ini selesai, pihak BBWS Juwana mulai membangun tanggul permanen. Satu alat berat dan satu mesin pengaduk semen digunakan dalam proses pembangunan.

Kepala Desa Tunjungrejo Kepala Desa Tunjungrejo, Mochamad Ali Zuhri mengatakan, tanggul itu sudah terbangun 80 persen.

Baca: Perbaikan Tanggul Sungai Sat Pati Ditarget Rampung Pekan Ini

Dinding bagian dalam tanggul sudah selesai, kini tinggal pengerjaan dinding luar. Diperkirakan, pekan ini pembangunan tanggul sudah rampung.

”Untuk kegiatan perbaikan tanggul hari ini sudah 80 persen. Kurang senderan (dinding) di luar kurang 20 persen. Kemungkinan 3 harian sudah jadi,” ujar Ali kepada Murianews.

Pekerja sedang membangun tanggul Sungai Sat. (Murianews/Umar Hanafi)

Ia mengatakan tanggul yang dibuat sepanjang 32 meter dengan ketinggian 5 meter. Adapun dinding tanggul sudah terbangun 10 meter.

”Tingginya 5 meter. Panjangnya 32 meter, jadi kurang 12 meter. Kalau untuk materialnya sudah cukup dari BBWS Juwana,” lanjut dia.

Ali berharap tanggul itu benar-benar kuat menahan aliran air Sungai Sat. Sehingga banjir bandang tidak terjadi lagi di desanya.

Diketahui, pada Kamis (14/7/2022) lalu ratusan rumah di Desa Tunjungrejo diterjang banjir bandang. Banjir bandang ini terjadi lantaran curah hujan yang tinggi pada waktu itu serta jebolnya tanggul Sungai Sat.

Akibat bencana ini, sekitar belasan rumah mengalami kerusakan. Mulai dari kerusakan sedang, berat hingga hilang.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...