Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sembilan Jabatan Kepala Dinas di Kudus Kosong, Tiga Pejabat Merangkap

Pendapa Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak sembilan jabatan kepala dinas di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, kini tengah kosong. Keseluruhannya pun kini diisi oleh pelaksana tugas (Plt) kepala dinas.

Tiga Plt kepala dinas di antaranya, diambilkan dari kepala dinas lain sehingga terjadi rangkap jabatan.

Adapun OPD yang tengah kosong adalah Dinas Komunikasi Informasi (Diskominfo), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata(Disbudpar), Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kudus, serta Inspektorat Kudus.

Kemudian empat OPD sisanya adalah Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten, dan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus.

Sementara tiga kadinas yang kini rangkap jabatan, adalah Asisten l yang merangkap jadi Plt Kepala DPMPTSP, Kepala Dinas Perhubungan yang juga Plt Kadinas Pertanian, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) yang juga jadi Plt BKPP.

”Kalau dibilang rangkap jabatan sebenarnya memang semua Plt rangkap jabatan. Karena diambilkan dari sekretaris dinasnya masing-masing, cuma kalau yang diambilkan dari kepala dinas lain memang ada tiga tersebut,” kata Sekretaris Dinas BKPP Kudus Putut Winarno, Selasa (2/8/2022).

Baca: Malam-Malam Bupati Kudus Mutasi Empat Kepala Dinas, Ada Apa?

Secara regulasi, sambungnya, penunjukan plt bisa diambil dari jabatan setingkat di bawahnya, setara, atau di atasnya.

”Kalau yang tidak boleh itu jabatan dua tingkat di bawahnya, itu tidak boleh jadi Plt kepala dinas,” sambungnya.

Untuk mengisi kekosongan tersebut, Pemkab Kudus telah mengajukan izin untuk mengadakan lelang jabatan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Hanya yang diajukan terlebih dahulu adalah pengisian delapan OPD.

”Lelang jabatan yang pertama ninggal (Dinas) Kearsipan dulu, karena itu kan baru per Agustus ini kosongnya, sehingga akan diproses bersama pengisian direktur RSUD Kudus yang saat ini juga kosong,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...