Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pendaki Wajib Tahu, Ini 4 Gunung Tertinggi di Indonesia

Pendaki Wajib Tahu, Ini 4 Gunung Tertinggi di Indonesia
Puncak jaya Wijaya saat diselimuti salju (Istimewa)

MURIANEWS, Jakarta – Gunung tertinggi di Indonesia rupanya mempunyai ketinggian bervariasi. Namun, paling tinggi adalah dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut (Mdpl), yakni puuncak Jaya Wijaya yang terletak di Papua.

Namun, untuk gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 Mdpl, justru paling banyak di Indonesia, bahkan bisa tersebar di seluruh provinsi.

Tercatat ada lebih dari 400 gunung yang terbentang di sepanjang wilayah Indonesia. 100 di antaranya bahkan merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Baca: Jelajah Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul, Pemenang Desa Wisata Terbaik ASEAN Tahun 2017

Tak heran, kekayaan alam yang dimiliki Indonesia ini menjadi daya tarik pariwisata bagi para wisatawan dari berbagai negara di dunia.

Berikut ini adalah 4 gunung dengan ketinggian 4000 Mdpl lebih:

1. Gunung Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia terletak di tanah Papua, yakni Gunung Puncak Jaya atau dikenal juga dengan nama Jaya Wijaya. Puncak Jaya Merupakan bagian dari barisan pegunungan Sudirman di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Ketinggian dari puncak Jaya Wijaya mencapai 4.884 mdpl, sehingga dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia. Saat ini Gunung Jaya juga telah menjadi kawasan Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

2. Gunung Puncak Mandala

Selain Puncak Jaya, di Tanah Papua juga masih ada gunung lainnya yang menjulang tinggi, yakni Gunung Puncak Mandala, tepatnya di Kabupaten Bintang.

Baca: Gunung Raung Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1.500 Meter

Dengan tinggi mencapai 4.760 mdpl, Puncak Mandala menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya. Gunung Puncak Mandala merupakan jajaran dari pegunungan Jayawijaya.

Nama lain dari gunung ini adalah Juliana Top atau Puncak Juliana yang terkenal di saat penjajahan Belanda.

3. Gunung Puncak Trikora

Di peringkat ketiga gunung tertinggi di Indonesia juga masih dari tanah Papua, yakni Gunung Puncak Trikora. Lokasi gunung ini berada di Papua Barat dengan ketinggian mencapai 4.750 mdpl.

Gunung ini memiliki beberapa kawasan hutan seperti Hutan Montane, Hutan Ericaceous, dan Hutan Dipterokarp Atas. Titik awal pendakian gunung ini adalah di kota Dani di Lembah Baliem Wamena.

4. Gunung Ngga Pilimsit

Pada zaman penjajahan Belanda dahulu, Gunung ini diberi nama Gunung Idenburg. Kini namanya adalah Gunung Ngga Pilimsit. Gunung ini terletak di Provinsi Papua di rangkaian pegunungan Maoke. Ketinggiannya mencapai 4.717 mdpl.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...