Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini yang Penting Diketahui saat Mau Over Kredit Mobil, Catat Baik-Baik!

Ini yang Penting Diketahui saat Mau Over Kredit Mobil, Catat Baik-Baik!
Foto: Ilustrasi over kredit mobil (andreas160578 dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Istilah over kredit saat ini sudah lazim didengar dalam bisnis jual beli. Termasuk juga over kredit mobil.

Seca umum, over kredit bisa dikatakan sebagai memberikan mobil yang kita miliki namun masih dalam masa angsuran kredit kepada orang lain untuk ia lanjutkan cicilannya hingga lunas.

Menjual mobil over kredit sendiri biasanya tidak pernah tertulis dalam surat perjanjian atau dokumen kredit yang dibuat oleh lembaga pembiayaan atau leasing. Untuk itu jika Anda memutuskan untuk melakukan ini harus mengetahui sejumlah hal.

Baca juga: Mau Beli Mobil Tarikan Leasing? Perhatikan Hal Ini ya

Nah, jika Anda ada rencana mau over kredit mobil maka harus paham lebih dahulu sejumlah hal berikut ini. Jangan sampai proses over kredit justru merugikan Anda sendiri maupun orang lain karena tidak pahamnya sistem alih tanggung jawab tersebut.

Melansir dari laman Auto2000, salah satu yang harus Anda pikirkan adalah menggantikan uang muka yang pernah Anda bayar untuk memiliki mobil tersebut.

Sebab pada dasarnya uang muka harus kembali secara penuh.

Namun hal ini bisa menjadi salah satu sektor yang bisa bahan negosiasi dengan calon pembeli. Apakah akan ia akan menggantikan uang muka Anda secara penuh atau bahkan hanya setengahnya, bisa Anda sepakati dahulu.

Jika uang muka sudah sepakat dengan calon pembeli, sekarang giliran cicilan. Hitung dengan tepat berapa banyak cicilan yang telah Anda bayar dan berapa cicilan yang belum dibayar. Hal ini juga perlu dinegosiasikan dengan baik oleh calon pembeli.

Nantinya mobil akan pindah kepemilikan ke orang lain. Untuk itu tanggung jawabnya pun berpindah. Hal ini perlu diketahui oleh pihak leasing. Jangan sampai setelah over kredit dan pemilik baru telat bayar dan namun Anda malah tetap harus mempertanggung jawabkan karena leasing belum mengetahui adanya perpindahan tanggung jawab.

Selain itu Anda pun harus melakukan perpindahan kekuasaan atau kepemilikan secara legal. Untuk itulah perlu dilakukan proses balik nama. Baik STNK dan dokumen lainnya harus segera Anda lakukan agar tanggung jawab pada mobil tersebut segera pindah tangan.

Itulah sejumlah hal yang perlu Anda ketahui mengenai over kredit mobil. Perbanyak konsultasi dengan pakar atau orang yang berpengalaman dengan over kredit jika Anda tidak menguasai sistem jual beli satu ini.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...