Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Siswi SMA Labschool Jakarta Timur Bakal Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Elbrus Rusia

Siswi SMA Labschool Jakarta Timur Bakal Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Elbrus Rusia
Foto: Khansa Syahla, siswa kelas sepuluh SMA Labschool Jakarta Timur membawa misi mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Elbrus, Rusia. (kemenparekraf.go.id)

MURIANEWS, Jakarta – Sebuah misi berat akan dijalankan Khansa Syahla, siswa kelas sepuluh SMA Labschool Jakarta Timur. Yakni, mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Gunung Elbrus, Rusia.

Misi yang diusung dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia itu mendapat dukungan dari banyak pihak. Salah satunya datang dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno yang ikut mendukung misi yang akan dijalankan Khansa Syahla.

”Khansa ingin menghadiahkan kemerdekaan Indonesia ke-77 dengan mendaki gunung ke-77 di usianya yang sangat muda ini. Khansa adalah brand ambassador dari Eiger Adventure, produk ekonomi kreatif lokal kita,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam ”Weekly Press Briefing” yang berlangsung secara hybrid di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf/Baparekraf, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Ini Destinasi Wisata Indonesia yang Jadi Tempat Liburan Pesohor Dunia dan Lokasi Film Hollywood

Khansa adalah salah satu brand ambassador Eiger Adventure yang pada tahun 2017 telah berhasil mencapai puncak tertinggi di Indonesia yaitu Cartenz Pyramide (4.884 mdpl). Pada tahun 2019, Khansa berhasil mendaki gunung tertinggi di benua Afrika yaitu Gunung Kilimanjaro (5.895 mdpl). Berkat prestasinya, Khansa dianugerahi piagam MURI sebagai pendaki perempuan termuda Indonesia yang berhasil mendaki Gunung Kilimanjaro, Afrika.

Puncak Gunung Elbrus di Rusia (5.642 mdpl) akan menjadi puncak gunung ke-77 yang akan dia daki, bersamaan dengan peringatan 77 tahun kemerdekaan Indonesia.

Menparekraf pun mengapresiasi dukungan dari Eiger Adventure di mana misi ini diharapkan dapat semakin meningkatkan promosi pariwisata Indonesia ke dunia. ”Dengan adanya kolaboraksi antara Kemenparekraf, Eiger, dan Khansa, saya berharap produk lokal Indonesia melalui brand Eiger dapat lebih terpromosikan,” kata Sandiaga, dikutip dari siaran pers di laman Kemenparekraf.

Hal senada disampaikan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky Manurung. Ia mengatakan, dalam misi pendakiannya nanti, Khansa akan menggunakan seluruh perlengkapannya dengan produk-produk lokal Indonesia.

”Jadi Bangga Buatan Indonesia ini kita bawa sebagai campaign ke luar. Kami titip nanti ke Khansa agar logo bendera merah putih dan logo Wonderful Indonesia tertancap di Gunung Elbrus Rusia,” ujar Henky.

Direktur Eiger Adventure Land, Imanuel Wirajaya, menyampaikan pihaknya bangga bisa mendukung misi yang akan dilakukan Khansa dan berharap pendakiannya dapat berjalan lancar. Dalam dukungannya, Eiger memberikan bantuan uang sebesar Rp 85 juta.

”Safe trip di sana dan semoga support dari Eiger bisa berarti untuk trip nanti,” kata Imanuel.

Sementara Khansa menyampaikan terima kasih atas dukungan yang begitu besar terhadap dirinya.  ”Terima kasih banyak kepada Kemenparekraf, Pak Menteri dan dari Eiger. Mohon doanya teman-teman semua agar pendakian ini bisa berjalan dengan sukses dan aku bisa kembali ke Indonesia dengan selamat,” ujar Khansa.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: kemenparekraf.go.id

Comments
Loading...