Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Begini Kronologi 5 Siswa dan 1 Guru SD di Solo Terpapar Covid-19

Ilustrasi. (Freepik)

MURIANEWS, Solo – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Solo mengatakan temuan lima siswa SD dan satu guru di Kota Solo terpapar covid-19 saat pemberlakuan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah terjadi satu pekan lalu.

Saat ini pihak DKK juga sudah melakukan tracing terhadap kasus tersebut. Selain itu, lima siswa dan satu guru yang terkonfirmasi Covid-19 juga sedang dalam pemantauan dinas kesehatan.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, Senin (1/8/2022) seperti dikutip Solopos.com.

Baca: 5 Siswa dan 1 Guru SD di Solo Terpapar Covid-19, PTM Dihentikan 2 Pekan

Ia pun menjelaskan, kasus tersebut berawal dari salah satu orang tua siswa demam pada 19 Juli 2022 lalu terkonfirmasi positif Covid-19 setelah melakukan uji PCR 20 Juli 2022.

”Kemudian anaknya, siswa itu PCR 20 juli hasilnya positif. Begitu positif langsung lapor ke sekolah lalu dilaporkan ke kami. Yang berkontak dengan anak itu kami swab, ditemukan 12,5 persen dari yang berkontak eratnya dinyatakan positif Covid-19,” katanya.

Dia mengatakan totalnya ada enam orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di sekolah tersebut. Para orang tua murid pada sekolah itu tergolong memiliki mobilitas yang tinggi.

”Intinya memutus mata rantai paling efektif efisien dengan protokol kesehatan. Sekarang kan mulai kendur, mungkin penularan tak di sekolah, bisa di jalan atau tempat lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Dian Rineta menjelaskan dinas terkait meminta pengetatan prokes di sekolah terutama jenjang SD selama PTM setelah muncul kasus Covid-19 lagi di Solo.

Baca: Vaksinasi Berhadiah Bantu Dongkrak Minat Vaksinasi Covid-19 di Kudus

”Kami minta prokes kembali digiatkan lagi kalau kemarin sedikit kendur. Kami giatkan lagi dimulai masuk halaman sekolah dengan pemeriksaan suhu badan dan membatasi gerakan anak untuk berkerumun,” paparnya.

Dia mengatakan vaksinasi satuan pendidikan masih berjalan namun tidak ada waktu khusus. Anak-anak yang tidak memiliki kendala penyakit secara umum sudah divaksinasi di Kota Solo.

Sementara itu, Satgas Penanganan Covid-19 Solo mencatat ada 35.670 kasus Covid-19 di Kota Solo hingga Senin (1/8/2022). Sebanyak 34.280 di antaranya sembuh, 144 orang menjalani isolasi mandiri, 14 orang menjalani perawatan, dan 1.232 orang meninggal dunia.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...