Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Harga Bendera dan Pernak-pernik HUT RI di Kudus

Pedagang bendera di Jalan Sosrokartono, Kudus, Mulyati menata dagangannya. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Bendera dan pernak-pernik berwarna merah putih biasa mewarnai setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI. Masyarakat pun banyak yang berburu, dan penjual dadakan banyak yang memanfaatkan momen ini.

Di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah di sejumlah titik sudah terlihat para penjual-penjual bendera dan pernak-pernik HUT RI lainnya.

Salah satunya di Jalan Sosrokartono. Penjualnyua bernama Mulyati. Dia berjualan berbagai macam produk pernak-pernik 17-an.

Mulyati menjual berbagai bendera. Harga bendera kecil dijual Rp 5 ribu.

Selain itu di tempatnya juga menjual bendera dengan ukuran satu meter seharga Rp 25 ribu. Sedangkan bendera berukuran 1,2 meter dijual seharga Rp 40 ribu.

Selanjutnya, bendera berukuran 1,50 meter dijual dengan harga Rp 60 ribu, dan bendera berukuran 1,8 meter seharga Rp 80 ribu.

Mulyati berjualan pernak-pernik bendera menjelang 17-an di Jalan Sosrokartono, Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

Sedangkan harga bendera backround dijual dengan berbagai macam harga sesuai dengan ukurannya. Untuk ukuran kecil dijual dengan harga Rp 100 ribu.

Lalu, harga bendera backround besar berukuran delapan meter dijual Rp 150 ribu. Sementara bendera backround jadul dengan logo Garuda Pancasila berukuran delapan meter dijualnya dengan harga Rp 170 ribu.

Baca: Simak Aturan dan Ukuran Bendera Merah Putih yang Dikibarkan Mulai 1 Agustus

Kemudian, harga bendera backround semi sepanjang sepuluh meter dijualnya dengan harga Rp 200 ribu.

Untuk bendera backround yang menggunakan karet dijual Rp 150 ribu dengan ukuran lima meter. Ada juga bendera backround panggung, yang dijual dengan harga Rp 300 ribu dengan ukuran delapan meter.

Sedangkan bendera backround mini dengan panjang empat meter dijual dengan harga Rp 100 ribu.

Umbul-umbul yang biasa dipasang di pinggir jalan dan perkantoran juga disediakannya. Harganya juga bervariasi sesuai dengan ukuran. Umbul-umbul sepanjang 2,5 meter dotawarkan dengan harga Rp 25 ribu.

Baca: Perempuan Kuli Bata dari Garut Ini Cari Peruntungan Jual Bendera di Kudus

Bagi warga yang mencari bendera pandir mini dapat merogoh kocek Rp 40 ribu untuk ukuran panjang tiga meter.

”Kalau untuk bendera pandir panci harganya Rp 60 ribu untuk ukuran empat meter. Kalau bendera layur sepanjang empat meter dijual Rp 60 ribu,” katanya, Senin (1/8/2022).

Warga Kudus juga dapat menyambangi beberapa lokasi penjual bendera di kawasan Kota Kretek. Di antaranya di Jalan Jenderal Sudirman di sebelah barat Kodim 0722/Kudus.

Selain itu juga dapat membeli di titik lainnya. Yakni di depan Kantor POS Kudus dan di seberang eks Polsek Kota yang tidak jauh dari SMPN 2 Kudus.

Selain itu warga Kudus juga bisa membeli pernak-pernik Agustus-an di toko di depan SMPN 2 Kudus. Di situ beragam bendera berukuran kecil hingga besar dijual. Harganya mulai Rp 10 ribu sampai Rp 60 ribu.

Baca: Blora Canangkan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih

Bagi warga yang hendak mencari piala untuk meramaikan perlombaan 17-an juga dapat membeli di toko Gemilang 99. Lokasinya berada di RT 04, RW 03, Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Harga piala di toko tersebut terjangkau, karena hanya berkisar mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 750 ribu.

Mubaroq, perajin piala asal Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengatakan pihaknya kebanjiran pesanan sejak awal Juli 2022 kemarin. Owner Gemilang 99 itu mengaku tahun ini bisa dibilang panen pesanan.

”Sampai saat ini sudah ada 150-an pesanan piala yang dari Kudus,” jelasnya kepada Murianews.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...