Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Siswa SMA di Pati Diajak Jadi Pengawas Pemilu 2024

Siswa SMA di Pati Diajak Jadi Pengawas Pemilu 2024
Ketua Bawaslu Pati, Ahmadi saat mendatangi SMAN 2. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Pati – Para siswa SMA di Kabupaten Pati diajak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat untuk menjadi pengawas pemilu 2024.

Mereka nantinya dikumpulkan dalam organisasi Saka Adhyasta Pemilu pada September nanti.

Untuk merealisasikan itu, Bawaslu Pati telah melayangkan surat ke SMAN 2 Pati dan SMAN 3 Pati. Dalam surat itu, Bawaslu meminta sekolah tujuan untuk menyiapkan siswa terbaiknya sebagai anggota Saka Adhyasta Pemilu. Sedikitnya 30 siswa akan menjadi anggota organisasi ini.

”Kegiatan Bawaslu hari ini kami memberikan surat kepada SMAN 2 dan SMAN 3 agar bisa mengirimkan siswa-siswinya bisa menjadi Saka Adhyasta Pemilu,” kata Ketua Bawaslu Pati, Ahmadi, Senin (1/8/2022).

”Untuk tahap awal kami merekrut 30 siswa-siswi untuk menjadi anggota kami. 30 siswa-siswi ini terdiri dari 15 siswa-siswi SMAN 2 dan 15 siswa-siswi SMAN 3. Untuk selanjutnya baru kita rencanakan lagi,” lanjut dia.

Baca: Bawaslu Pati Ajak Pendamping Desa Lakukan Pengawasan Partisipatif

Dijelaskan, Saka Adhyasta Pemilu merupakan organisasi bentukan Bawaslu dan Kwarcab Kabupaten Pati. Organisasi itu guna melatih anggotanya dalam dunia kepramukaan serta memberikan bekal terkait Pemilu dan pengawasannya.

”Secara umum, sebelum anak-anak ini terjun di masyarakat tentunya akan kami bekali terlebih dahulu tentang Saka Adhyasta. Kita akan bekali dengan tiga krida, krida pencegahan, krida pengawas dan krida penanganan pelanggaran,” tutur Ahmadi.

Setelah memahami tentang Pemilu, diharapkan para siswa bisa mengawasi tahapan-tahapan Pemilu 2024. Serta mau melaporkan ke Bawaslu bila ada pelanggaran Pemilu.

”Kami juga menggandeng Kwarcab Kabupaten Pati. Nanti dalam  materi pramuka mereka bisa memberikan. Sementara ini kami melayangkan surat. Secepatnya akan dibentuk dan awal September ada pelantikan,” pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...