Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

57 Ribu Lebih Calon Jemaah Haji Lansia Antre ke Tanah Suci

57 Ribu Lebih Calon Jemaah Haji Lansia Antre ke Tanah Suci
Calon jemaah haji melakukan kepengurusan administrasi di Kantor Kemenag Kabupaten Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) mencatat ada sekitar 57 ribu lebih calon jemaah haji dengan usia di atas 65 tahun yang masih antre untuk berangkat ke tanah suci.

Seharusnya, mereka berangkat tahun ini. Namun, karena ada pembatasan usia oleh pemerintah Arab Sausi, keberangkatan mereka pun tertunda.

Kendati demikian, Komisi VIII DPR RI memastikan bahwa pada keberangkatan tahun tahun depan, mereka akan diprioritaskan.

Baca: Kabar Baik, Haji 2023 Diprioritaskan untuk Usia 65 Tahun ke Atas  

”Tahun ini memang belum bisa berangkat ke tanah suci, selain memang pandemi yang belum berakhir cuaca ekstrim di Arab Saudi juga menjadi salah satu pertimbangan jemaah dengan usia di atas 65 tahun belum bisa di berangkatkan ke tanah suci,” kata Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto, dikutip dari laman resmi kemenag, Senin (1/8/2022).

”Masyarakat yang belum berangkat haji tahun ini karena usia di atas 65 tahun, Insya Allah akan menjadi prioritas pada musim haji tahun depan,” sambungnya.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat agar menyaring apabila ada informasi dana haji yang tidak digunakan untuk pembiayaan ibadah haji. Sebab, semua dana haji yang sudah masuk, akan dilakukan untuk keperluan haji.

Baca: Ini Doa Rasulullah saat Menyambut Kedatangan Jemaah Haji

”Masyarakat perlu tahu info ini agar dapat menyaring dan meluruskan informasi apalagi jika ada hoax penggunaan dana haji yang bukan untuk kepentingan haji,” terangnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kemenag.go.id

Comments
Loading...