Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kabar Baik, Haji 2023 Diprioritaskan untuk Usia 65 Tahun ke Atas  

Kabar Baik, Haji 2023 Diprioritaskan untuk Usia 65 Tahun ke Atas  
Kunjungan kerja DPR RI Komisi VIII (Dok. Kemenag)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah memberikan kabar gembira bagi calon jemaah haji yang usianya mencapai lebih dari 65 tahun. Pada 2023 mendatang, mereka akan menjadi prioritas untuk diberangkatkan ke tanah suci.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bondowoso.

”Masyarakat yang belum berangkat haji tahun ini karena usia di atas 65 tahun, Insya Allah akan menjadi prioritas pada musim haji tahun depan,” ujarnya, dilansir dari laman resmi Kemenag, Senin (1/8/2022).

Baca: Ini Doa Rasulullah saat Menyambut Kedatangan Jemaah Haji

Dia juga memahami kondisi calon jemaah yang sudah antre bertahun-tahun, tetapi karena pembatasan usia dari pemerintah Arab Saudi, mereka tidak jadi diberangkatkan. Karena itu, pihaknya akan memperjuangkan agar usia lebih dari 65 tahun bisa menjadi perioritas.

Lebih lanjut, Yandri berharap agar masyarakat dapat mendoakan untuk kelancaran pelaksanaan haji di tengah kenaikan biaya haji sampai mendekati angka 100 juta rupiah.

”Saat ini biaya haji hampir 100 juta rupiah, namun masyarakat hanya membayar rata-rata 35 juta rupiah, pelayanan baik di dalam negeri dan di tanah suci juga terus ditingkatkan agar masyarakat dapat beribadah dengan nyaman dan khusyu,” terangnya.

Baca: Soal Biaya Haji, Pemerintah Diminta Buka-bukaan

Sementara untuk saat ini, musim Haji 1443 H/2022 M sudah memasuki fase pemulangan jemaah haji gelombang kedua dari Madinah menuju Indonesia.

Fase pemulangan jemaah haji gelombang pertama dari Jeddah sudah berakhir hari ini. Tercatat lebih dari 50 persen jemaah yang sudah sampai di kampung halaman masing-masing.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kemenag.go.id

Comments
Loading...