Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

1 Sura, Peternak Jepara Ogah Ternaknya Divaksin PMK

1 Sura, Peternak Jepara Ogah Ternaknya Divaksin PMK
Pelaksanaan vaksinasi PMK di Kabupaten Jepara. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Sejumlah peternak di Kabupaten Jepara enggan menerima vaksin PMK untuk ternaknya pada 1 Sura (penanggalan jawa) atau Muharram (penanggalan Islam).

Pemberian vaksin PMK pun sempat tertunda lantaran kepercayaan dari sebagian peternak di Jepara itu. Penyuntikan terpaksa ditunda dan baru dilakukan sehari setelahnya.

Itu diungkapkan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Jepara, Mudhofir. Ia mengatakan, mestinya target vaksinasi tahap pertama rampung hari ini, (1/8/2022).

”Hari Sabtu kemarin kita sudah persiapan. Tapi ternyata masyarakat tidak mau ternaknya divaksin. Mereka masih memiliki kepercayaan tertentu pada tanggal 1 Sura. Jadi, kami menghargainya dengan menunda vaksinasi,” kata Mudhofir kepada Murianews.

Baca: Sejumlah Peternak di Jepara Tolak Vaksinasi PMK

Pada hari Minggu, para tenaga medis ditugaskan kembali untuk melakukan vaksinasi. Mudhofir memang sengaja tetap melakukan vaksinasi PMK saat hari libur kerja.

”Hari libur kita tetap jalan vaksinasi. Supaya cepat capai target,” jelas Mudhofir.

Tercatat, hari ini DKPP sudah menyuntikan vaksin PMK ke 4473 ternak di semua wilayah Jepara. Kendati targetnya meleset, Mudhofir yakin, dua hari kedepan bisa menyelesaikan target yang dicanangkan.

Untuk diketahui, DKPP Jepara menargetkan 5000 ternak sudah mendapatkan vaksin dosis pertama. Dalam sehari, biasanya para petugas bisa menyuntik seratus ekor ternak.

”Hari ini, stok vaksin kami tinggal 200,” ujar dia.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...