Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bupati Kudus Sampaikan Alasan Kenapa Tak Temui Suporter Persiku

HM Hartopo
Bupati Kudus HM Hartopo (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Ratusan suporter Persiku Kudus, Jawa Tengah, dari basis Suporter Macan Muria (SMM) sempat melakukan aksi demo di kantor Bupati Kudus, Jumat (29/7/2022). Para supporter menuntut beberapa hal, namun Bupati Kudus HM Hartopo tak menemui para suporter.

HM Hartopo akhirnya memberikan klarifikasi mengenai sikapnya itu. Beberapa alasan disampaikannya, Senin (1/8/2022) kepada awak media di Kudus. Hartopo menilai, gerakan suporter tersebut salah sasaran. Seharusnya tuntutan itu bisa dilayangkan pada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kudus atau Askab PSSI maupun manajemen Persiku.

”Mereka kalau larinya ke saya salah. Urusan kemajuan sepak bola itu urusan KONI urusan Askab, manajerialnya ada di sana, pemerintah tidak punya KONI, kami hanya kemitraan. Dorongan pemerintah adalah anggaran selagi masih di Liga 3,” kata Hartopo.

Dari pemerintah daerah, kata dia, juga sudah berupaya dengan menyediakan anggaran untuk pembinaan olahraga, termasuk di antaranya adalah untuk Pesiku Kudus. Adapun totalnya sekitar Rp8 miliar lebih.

BACA JUGA: Ratusan Suporter Persiku Kudus Geruduk Kantor Bupati

”Inilah agak ngertilah makanya, mana yang harus dituntut siapa, anggaran ini ditaruh di mana saja, sehingga bola ini kok tidak bisa baik, terutama Askabnya,” tegasnya.

Begitu pula dengan masalah sponsor, Hartopo mengatakan, jika dirinya diminta menjamin adanya sponsor untuk Persiku, maka dengan tegas pihaknya menyatakan tidak bisa memberi rekomendasi.

”Ya tidak bisa memberi rekomendasi (sponsor), Pemkab kan sudah membantu anggaran di sana,” pungkasnya.

SMM sendiri dalam aksinya pekan lalu meminta Bupati Kudus menjamin Persiku Kudus bisa naik kasta pada tahun 2022 ini. Hartopo, selaku Bupati Kudus pun diminta untuk bertanggung jawab atas klub Persiku Kudus pada tahun ini.

Dari segi pembinaan, SMM ingin pemerintah daerah bisa lebih aktif dalam membantu pengembangan sepak bola di Kota Kretek. Utamanya di sektor pembinaan pemain usia muda hingga pembangunan infrastruktur olahraga sepak bola yang memadai.

Bupati Kudus juga diminta memperbaiki sistem organisasi baik KONI maupun Askab PSSI dan menjamin Perisku mendapat sponsor dari pihak perusahaan.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...