Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Satu Atlet Grobogan Jadi Bagian Tim Indonesia di ASEAN Para Games

ASEAN Para Games 2022
Rizal Bagus Saktiono, atlet difabel Grobogan yang turut serta berjuang di Asean Paragames 2022 dalam salah satu sesi latihan. (Murianews/Istimewa NPC Grobogan).

MURIANEWS, Grobogan – Satu atlet difabel asal Geyer, Grobogan turut serta dalam ajang Asean Paragames 2022 atau Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara 2022 yang kini digelar di Solo, Jawa Tengah. Atlet Grobongan itu adalah Rizal Bagus Saktiono.

Rizal Bagus bertanding di cabor atletik, tepatnya lari 100 meter, lari 200 meter, dan lempar lembing. Saat ini dirinya berada di Solo, Surakarta mengikuti Pesta Olahraga Difabel terbesar di Asia Tenggara itu.

“Rizal satu-satunya dari Grobogan. Dia ikutnya atletik, main per hari ini,” kata Ketua National Paralympic Committee (NPC) Grobogan, Sunar, Senin (1/8/2022).

Sunar yang dalam ASEAN Para Games 2022 turut menjadi panitia penyelenggara itu menambahkan, Rizal telah mempersiapkan diri dengan baik untuk ajang tersebut. Atlet ini juga sudah menjalani pemusatan latihan di Solo selama delapan bulan.

“Saya sempat berbicara dengan pelatihnya, targetnya emas. Tapi situasi di lapangan tidak tahu, kadang tidak sesuai harapan hasilnya,” imbuhnya.

Sunar mengaku tidak bisa memantau secara langsung pertandingan yang dijalani Rizal. Sebab, dia mendapat tugas lain untuk cabor panahan. Namun sedapat mungkin dirinya akan mengikuti kiprah Rizal di arena ASEAN Para Games 2022 ini.

BACA JUGA: Atlet Paragames Jawa Tengah dilepas Ganjar Pranowo

ASEAN Para Games sendiri menggunakan api abadi Mrapen, Grobogan, dalam acara pembukaannya. Pengambilan Api Abadi Mrapen, sudah dilakukan pada 23 Juli 2022 lalu., Atlet difabel yang diminta membawa obor yang kemudian diarak adalah Sholikhan, yang tidak ikut ambil bagian di ASEAN Para Games 2022.

Menurut Sunar, dalam hal ini memang bukan Rizal yang diberi kesempatan untuk membawa obor dari Api Abadi Mrapen itu. Alasannya, atlet yang akan berlaga di ASEAN Para Games benar-benar dijaga kesehatan dan keselamatannya.

“Mendekati event, menjaga kesehatan dan keselamatan atletnya, Jadi bukan Rizal yang bawa obor itu,” jelas Sunar.

Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 yang diikuti 11 negara di kawasan ASEAN. Pesta olahraga ini akan digelar selama sepekan penuh, mulai 30 Juli 2022 hingga 6 Agustus 2022.

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...