Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Polisi Cilik se eks-Karesidenan Pati Unjuk Gigi di Kudus

Polisi cilik yang tampil di Lomba Polcil eks-Polwil Pati,di Gedung Serbaguna GOR Wergu Wetan, Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus — Ratusan polisi cilik unjuk gigi menjadi yang terbaik di GOR Serbaguna Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Senin (1/8/2022). Mereka merupakan perwakilan dari masing-masing polres di eks-Polwil Pati.

Para polisi cilik ini semuanya masih duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Ada enam tim Polcil yang terjun di ajang ‘Lomba Polcil’ yang diadakan Ditlantas Polda Jateng itu, yakni dari tim dari Polres Kudus, Polres Pati, Polres Jepara, Polres Grobogan, Polres Rembang, dan Polres Blora.

Dari pantauan Murianews, Polcil yang tampil dalam perlombaan, memakai kostum bervariasi dan menarik. Mereka terlihat menampilkan keahlian dalam baris-berbaris hingga menunjukkan tari-tarian dengan masing-masing tim.

Mereka juga terlihat cukup tegas dan lantang dalam perlombaan tersebut. Namun, sesekali tingkah lucu anak seusia mereka juga terlihat menghibur penonton.

Kompol Nunung Farmadi, Kasi Audit dan Inspeksi Ditlantas Polda Jawa Tengah mengatakan, lomba Polcil yang digelar tersebut bertujuan untuk melatih kedisiplinan di berbagai bidang kepada anak sejak dini.

Tak hanya itu, mereka juga diberi pengetahuan sejak dini tentang pentingnya mematuhi etika berlalu lintas. ”Jadi sejak dini kami tumbuhkan disiplin dan teretib berlalu lintas,” katanya.

Baca: Pernah Ditilang Polisi Cilik? Begini Rasanya di Grobogan

Nantinya, satu tim Polcil yang diterbaik di eks Polwil Pati, akan dilombakan ke tingkat Polda Jateng.

”Penampil terbaik di Polcil ini, akan kami lombakan di Polda Jateng nanti,” ujarnya.

Satlantas Polres Kudus sendiri, menerjunkan 31 siswa yang ada dalam tim. Mereka, merupakan siswa-siswa yang dari SD 1 Sidorekso, Kaliwungu, Kudus yang beberapa waktu lalu dilatih oleh personel kepolisian untuk menghadapi lomba ini.

”Ajang ini bisa melatih mereka dalam bersosialisasi, melatih kedisiplinan dan sambil mengkampanyekan tertib berlalu lintas sejak dini,” kata Kasatlantas Polres Kudus AKP Ivan Prabowo.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...