Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

6.500 Nakes di Kudus Segera Disuntik Vaksin Dosis Keempat

Tenaga kesehatan (nakes) menyiapkan vaksin Covid-19. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 6.500 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, segera mendapat vaksinasi Covid-19 booster kedua, atau dosis keempat. Jika tak ada perubahan jadwal, penyutikan akan dimulai pekan ini.

Subkoordinator Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus Aniq Fuad mengatakan, para nakes akan kembali disuntik vaksin Moderna pada booster dosis dua ini.

”Karena dulu kan Moderna, booster kedua ini nanti juga Moderna, per dosisnya adalah 0,25 ml,” ujarnya, Senin (1/8/2022).

Syarat dan teknis penyuntikan, akan sama seperti vaksinasi sebelumnya. Sehingga dimungkinkan penyuntikan pada nakes tidak akan memakan waktu lama.

”Karena nama dan orangnya sudah ada jadi mungkin akan lebih cepat penyuntikannya,” ujarnya.

Selain mempersiapkan untuk penyuntikan keempat nakes, Pemkab Kudus juga masih berupaya menggenjot capaian vaksinasi untuk dosis tiga di Kabupaten Kudus secara keseluruhan.

Selain untuk menambah imunitas pada masyarakat, pencapaian dosis ketiga yang tinggi juga diharapkan bisa menghindarkan warga Kudus akan ancaman gelombang empat Covid-19 yang mulai terendus di beberapa daerah lain.

Baca: Siap-Siap, 4 Juta Nakes Bakal Terima Vaksin Dosis Keempat

Aniq pun mengimbau kepada masyarakat Kudus untuk tetap melengkapi dosis vaksinasi Covid-19. Apalagi yang telah melaksanakan vaksinasi dosis pertama hingga dosis kedua.

Dia menambahkan, akan sangat disayangkan bila pemberian vaksinasi mandek di dosis satu atau dua saja.

”Sayang kalau tidak dilengkapi, apalagi yang dosis pertama dan tidak lanjut ke dosis kedua, kalau sudah waktunya dan tidak divaksin harus mengulang kembali,” tandasnya.

Baca: Setelah Nakes, Vaksin Dosis Keempat akan Disuntikkan Kepada Masyarakat

Hal yang sama juga diharapkan pada mereka yang telah melakukan vaksinasi hingga dosis dua. Aniq menyarankan, ketika interval vaksinnya sudah mencukupi, maka bisa segera melaksanakan vaksin dosis ketiga.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...