Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Sejarah Hari ASI Sedunia yang Diperingati setiap Tanggal 1 Agustus

Ini Sejarah Hari ASI Sedunia yang Diperingati setiap Tanggal 1 Agustus
Foto: Ilustrasi seorang ibu menyusi bayinya (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Ada satu momen penting internasional yang diperingati tiap tanggal 1 Agustus. Yakni, Hari ASI sedunia yang dirangkai dengan Pekan ASI Sedunia dari tanggal 1-7 Agustus.

Perayaan Hari ASI Sedunia ini bertujuan mengingatkan kembali akan manfaat yang terkandung dalam ASI (air susu ibu). Di mana, pemberian ASI akan berdampak baik pada ibu dan bayinya.

Lantas, bagaiman sejarah ditetapkannya tanggal 1 Agustus sebagai Hari ASI Sedunia? Sejarah Hari ASI Sedunia atau Pekan ASI Sedunia dimulai pada tahun 1992 untuk meningkatkan kesadaran dan dukungan masyarakat terhadap menyusui.

Baca juga: Ini Masalah yang Biasa Dialami Ibu Menyusui dan Cara Mengatasinya

Melansir Detik.com dari berbagai sumber, seperti WABA, National Today, dan Firstpost, Hari ASI Sedunia atau Pekan ASI Sedunia merupakan salah satu kampanye bersama terbesar oleh organisasi internasional seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), UNICEF, dan diselenggarakan oleh WABA (World Alliance for Breastfeeding Action).

Sejarah Pekan Menyusui Sedunia sendiri dimulai sejak awal 1990-an ketika WHO dan UNICEF memperkenalkan memorandum untuk mendukung dan mempromosikan tindakan menyusui. Pada tahun 1992, untuk pertama kali seminggu penuh didedikasikan untuk mempromosikan kampanye tersebut. Sebanyak 70 negara memulai kampanye itu pada awalnya.

Pada tahun 2016, WABA telah menyelenggarakan kampanye tentang Hari ASI Sedunia atau Pekan ASI Sedunia bersama dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Pada tahun 2018, resolusi Majelis Kesehatan Dunia (WHO) mengesahkan Hari ASI Sedunia atau Pekan ASI Sedunia sebagai strategi promosi menyusui yang penting.

Adapun tema Hari ASI Sedunia atau Pekan ASI Sedunia tahun 2022 adalah ‘Step Up For Breastfeeding: Educate and Support’ atau ‘Langkah Untuk Menyusui: Edukasi dan Dukungan’. Serta didukung dengan penggunaan tagar #WBW2022.

Hari ASI Sedunia atau Pekan ASI Sedunia 2022 akan fokus pada penguatan kapasitas peran yang harus melindungi, mempromosikan, dan mendukung pemberian ASI di berbagai lapisan masyarakat.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: detik.com

Comments
Loading...