Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Konsumsi Meningkat, Ketersediaan BBM Jenis Pertalite dan Solar Menipis

Konsumsi Meningkat, Ketersediaan BBM Jenis Pertalite dan Solar Menipis
Konsumen membeli BBM di salah satu SPBU di Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Jakarta – Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite dan solar pada semester pertama tahun ini mengalami peningkatan. Bahkan hal ini diperkirakan akan terus berlangsung hingga semester kedua.

PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat, kuota untuk BBM jenis solar adalah sebanyak 14,9 juta kilo liter (KL).

“Sampai pada Juni 2022 kemarin, solar subsidi yang sudah tersalurkan sebanyak 8,3 juta KL,” kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting dilansir dari Kontan.co.id, Senin (1/8/2022).

Baca: Plat Merah di Pati Haram Minum BBM Bersubsidi, Tapi…

Sementara untuk realisasi konsumsi Pertalite hingga Juni 2022 mencapai 14,2 juta KL. Adapun kuota BBM dengan nilai oktan 90 ini sebanyak 23 juta KL.

Tidak menutup kemungkinan, jumlah sisa kuota tersebut tidak akan mampu mencukupi hingga akhir tahun apabila penggunaannya tidak diatur dengan baik. Sebab, dari jumlah konsumsi tersebut terjadi kenaikan dengan sisa solar sebanyak 6,6 juta KL dan Pertalite tinggal 8,8 juta KL.

Pada akhir Juni yang lalu, Irto melihat dari tren konsumsi BBM Subsidi jika tidak dilakukan pengaturan akan ada potensi over quota. Diproyeksikan realisasi 2022 untuk pertalite bisa mencapai 28 juta KL, padahal kuota Pertalite di sepanjang tahun ini sebanyak 23,05 juta KL.

Baca: Cara Daftar BBM Subsidi di Mypertamina

Adapun saat ini, Pertamina Patra Niaga telah mencatatkan masyarakat yang telah mendaftarkan BBM Subsidi melalui website My Pertamina sebanyak 400.000 kendaraan.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kontan.co.id

Comments
Loading...