Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kirab Buka Luwur Sunan Kudus, 64 Perwakilan Punden dan Belik Ambil Bagian

Kirab Buka Luwur
Kirab Buka Luwur digelar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dan finish di kawasan Menara Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Kirab buka luwur Sunan Kudus, digelar Minggu (31/7/2022). Kirab tersebut diikuti 64 kontingen perwakilan punden dan belik di sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Dalam acara kirab tersebut, para peserta berkreasi membawa gunungan hasil bumi. Selain itu juga yang membawa makanan khas dari tiap-tiap desa.

Kirab tersebut membawa beragam hasil bumi seperti terong, sawi, wortel, kacang panjang, cabai merah, tomat, dan lainnya. Hasil bumi tersebut dikirab mulai dari area Pendapa Kabupaten Kudus, menuju ke kawasan Menara Kudus.

BACA JUGA: Kirab Peringatan Buka Luwur Sunan Kudus, Pertama Kalinya Digelar

Muhammad Kharis, Humas Panitia Buka Luwur Makam Sunan Kudus mengatakan, ada 64 kontingen yang ikut serta di kirab kali ini. Mereka berasal dari pemangku punden dan belik di Kabupaten Kudus.

“Ada 64 kontingen yang ikut kirab ini. Satu kontingen berisi 30 peserta,” katanya, Minggu (31/7/2022).

Kharis melanjutkan, kirab tersebut sebagai bagian rangkaian dari acara Buka Luwur Sunan Kudus. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai bagian melestarikan budaya lokal masyarakat Kudus.

“Sebagai kegiatan nguri-uri budaya. Bisa dibilang ini kan ibaratnya mbah Sunan Kudus sedang mantu. Kirab hasil bumi ini nanti disumbangkan ke pihak Menara Kudus untuk acara-acara rangkaian Buka Luwur Sunan Kudus,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Budi Erje

Comments
Loading...