Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

11 Kejanggalan Hasil Autopsi Brigadir J yang Diungkap Pengacara Keluarga

11 Kejanggalan Hasil Autopsi Brigadir J yang Diungkap Pengacara Keluarga
peti jenazah Brigadir J sebelum dikebumikan (Tangkapan layar video amatir )

MURIANEWS, Jakarta – Pengacara keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak membeberkan ada 11 kejanggalan dari hasil autopsi Brigadir J yang kedua. 11 kejanggalan itu dilaporkan oleh dua perwakilan keluarga yang menyaksikan saat autopsi ulang.

Kejanggalan itu diungkap dalam wawancara khusus Rafly Harun bersama Kamaruddin Simanjuntak yang disiarkan langsung melalui kala youtube Rafly Harun.

Kamaruddin menjelaskan, apa yang dibeberkan itu adalah hasil dari pengamatan dokter forensik yang ditunjuk untuk melakukan pengawasan saat autopsi ulang jenazah Brigadir J. Sementara untuk hasil finalnya masih menunggu pemeriksaan lanjutan dari tim forensik yang melakukan autopsi jenazah brigadir J.

Baca: Brigadir J Tewas, Komnas HAM akan Periksa Irjen Sambo

Namun, pengacara Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak membeberkan luka-luka yang ia yakini dialami oleh almarhum kliennya.

1. Di temukan adanya perekat semacam penempelan lem di bagian kepala. Mereka kemudian melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan menemukan ada lubang disondek (ditusuk). Lubang itu tembus ke mata dan hidung. Diduga kena tembakan dari belakang sampai menembus ke bagian hidung.

”Dibuka kepala, yang pertama tidak ditemukan otaknya, yang ditemukan adalah semacam retak enam, kemudian diraba ternyata di bagian belakang ada benjolan bekas lem. Lem dibuka ada lubang, disonde ke arah hidung ada jahitan bekas lubang peluru yang ditembak dari belakang kepala tembus ke hidung,” kata Kamaruddin.

2. Ditemukan retakan di bagian tengkorak enam. Retakan tersebut diduga karena tembakan.

3. Kamaruddin menyebut otak Brigadir J dipindah ke bagian dada dekat ke perut.

”Terdapat plastik ketika diangkat ada jaringan otak. Jadi otak ada di dada. Apakah ini standarnya forensik, saya enggak paham,” kata Kamaruddin membacakan laporan yang ia terima.

4. Ditemukan retakan-retakan dari leher mengarah ke bibir.

5. Terdapat luka terbuka di bagian bahu dengan daging hampir terkelupas.

6. Lengan bagian bawah patah, penyebabnya belum disimpulkan oleh dokter forensik.

7. Ditemukan patahan-patahan jari di sekitar kuku jari kelingking dan jari manis.

8. Ditemukan memar di punggung

9. Ditemukan memar di kaki sebelah kiri

10. Ditemukan lubang di pergelangan kaki kiri bawah

11. Ditemukan empat lubang di dada diduga bekas tembakan

Untuk diketahui, Jenazah Brigadir J dilakukan ekshumasi atau autopsi ulang jenazah di RSUD Sungai Bahar, Jambi, pada Rabu, 27 Juli 2022. Setelah diautopsi ulang, jenazah Brigadir J dimakamkan secara kedinasan Polri.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Youtube Rafly Harun

Comments
Loading...