Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Jatim

MUI Jatim: Muslim Boleh Ucapkan Selamat Hari Raya ke Agama Lain

MUI Jatim: Muslim Boleh Ucapkan Selamat Hari Raya ke Agama Lain
Salah seorang pengungsi yang tengah salat di GKMI Tanjungkarang Kudus yang jadi tempat pengungsian. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Surabaya – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur memperbolehkan umat islam untuk mengucapkan selamat hari raya kepada penganut agama lain. Hal itu setelah adanya ijtima komisi fatwa MUI Jatim.

Sementara alasannya, bahwa mengucapkan selamat hari raya ke pemeluk agama lain adalah dalam konteks sosial. Sehingga tidak masuk dalam ranah ibadah.

”Kami memilih pendapat yang ini ucapan selamat bagian dari ranah sosial bukan ranah ibadah,” kata Ketua Fatwa MUI Jatim, KH Ma’ruf Khozin dikutip dari CNNIndoensia.com, Minggu (31/7/2022).

Misalnya, kata dia, saat pejabat mengucapkan selamat untuk agama lain itu kepada warganya yang beragama berbeda, hal itu bertujuan untuk menjaga toleransi.

Baca: MUI Haramkan Vaksin Cansino, Alasannya Mencengangkan  

”Ada soal ucapan selamat hari raya yang dilakukan oleh pejabat negara, misal bupati (pejabat), dan salam lintas agama itu dibolehkan,” ucapnya.

Menurutnya, hal itu penting bagi pejabat karena mereka harus menjaga toleransi di hadapan warganya, dengan tidak membeda-bedakan, dan menjaga toleransi.

”Ini bagi mereka, karena mereka harus mengayomi dan menjaga toleransi di seluruh warganya dengan tidak membedakan,” kata Ma’ruf Khozin.

Baca: MUI Pakai Referensi Nikotin untuk Kaji Ganja Medis

Menurutnya, hal ini tidak hanya sebatas bagi para pejabat saja, melainkan diperbolehkan untuk masyarakat umum.

”Memang ada ulama yang mengatakan ucapan selamat itu ranah ibadah sehingga mereka mengharamkan, tergantung sudut pandangnya saja,” katanya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: CNNIndonesia.com

Comments
Loading...