Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Viral, Wanita dengan Kulit Ruam Gegerkan Jagat Maya, Cacar Monyet?

Viral, Wanita dengan Kulit Ruam Gegerkan Jagat Maya, Cacar Monyet?
Seorang wanita mengalami ruam di kulit (Tangkapan layar)

MURIANEWS, Jakarta – Sebuah video seorang wanita yang memperlihatkan kulit ruam hampir di sejukur tubuhnya, viral di media sosial tiktok.

Mulanya, video tersebut hanya memperlihatkan beberapa bagian tubuh yang mengalami ruam. Kemudian, ruam tidak hanya terjadi di satu bagian tubuh saja, tetapi mulai menyebar. Bahkan bentuk ruamnya pun semakin melebar.

Video wanita dengan ruam di tubuh itu kali pertama dibagikan oleh akun @mbul dengan durasi 15 detik disertai dengan keterangan.

”Awalnya cuma ada satu. Terus akhirnya numbuh banyak banget nyebar ke paha, kaki, perut dan lain-lain,” tulis pemilik akun @mbul dalam video viralnya, dikutip Murianews, Minggu (31/7/2022).

Baca: IDI Minta Pasien yang Mengalami Gejala Mirip Cacar Monyet untuk Tes PCR

”Sudah satu tahun berlalu, bekasnya masih ada sampai sekarang,” tuturnya.

Mengutip dari detik.com, wanita bernama Novelin itu bercerita ruam yang muncul mirip gigitan serangga. Ia awalnya tak berpikir penyakit yang ternyata menyerangnya adalah ringworm, yang disebabkan kontak dengan kucing.

Dikutip dari Medical News Today, ringworm adalah ruam yang disebabkan oleh infeksi jamur. Penularan memang bisa terjadi melalui kontak kulit dengan orang atau hewan yang terinfeksi.

Setelah konsultasi online, ia akhirnya diberikan obat untuk meredakan gejala ringworm.

”Aku bisa dapet ringworm karena aku tertular dari kucing saudara aku. Kebetulan aku sedang mengidap beberapa hari di sana,” kata dia.

Baca: Cacar Monyet Sudah menjangkiti Warga India dan Thailand, Kawasan Asia Tenggara Waspada

”Dia awalnya muncul satu doang seperti digigit serangga,” sambungnya.

Dia menceritakan perubahan ruam tersebut. Awalnya hanya berwarna merah, kemudian muncul seperti nanah di dalam setelah menyebar ke seluruh tubuh.

”Waktu itu sempat nanya konsultasi online tapi nggak kunjung sembuh, sampai akhirnya ke apotek cari obat sendiri sampai ketemu obat apa yang cocok sama aku,” tutupnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...