Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Kepri

Dihantam Gelombang, Kapal Barang Pecah dan Tenggelam di Karimun

Dihantam Gelombang, Kapal Barang Tenggelam di Karimun
Kapal barang tenggelam di perairan Karimun (Kompas.com)

MURIANEWS, Karimun – Sebuah kapal barang KM Patria Meranti GT 26 tenggelam di Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Sabtu (30/7/2022). Kapal tersebut tenggelam setelah dihantam gelombang tinggi.

Kasat Polairud Polres Karimun AKP Binsar Samosir membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, kapal itu mengangkut sayur-sayuran dan buah buahan.

“Barang yang ada dalam kapal seberat 20 ton yang berisi sayuran dan buah-buahan, tenggelam di perairan Sugi Karimun sekitar pukul 08.00 WIB,” katanya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (30/7/2022).

Baca: Biadap, PNS Ini Tega Perkosa Anak Dibawah Umur di Atas Kapal

Binsar menjelaskan, kapal yang diawaki empat kru itu berangkat dari Siak, Provinsi Riau, menuju Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, pada Sabtu, pukul 03.00 WIB.

Namun, saat berada di Perairan Pulau Patah, tepatnya di selatan Pulau Sugi Karimun, kapal tiba-tiba dihantam ombak besar.

Kapal itu pun oleng dan kemasukan air. Sehingga, tiga mesin pompa air mati karena terendam air laut.

”Setelah dihantam ombak dan kemasukan air, kapal perlahan karam ke dasar laut dan nakhoda beserta ABK kapal langsung menyelamatkan diri dengan life jacket,” kata Binsar.

Baca: Kapal dengan 66 Penumpang Tenggelam di Perairan Takoka Halmahera Selatan

Ia mengatakan, saat kejadian nahkoda kapal sempat berupaya mengevakuasi kapal ke pulau terdekat sembari mencari pertolongan.

”Akan tetapi karena kuatnya air laut yang masuk dengan ketinggian lebih kurang satu meter membuat nahkoda gagal mengevakuasi kapal,” kata Binsar.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...