Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kominfo Blokir Paypal Hingga Steam, Kenapa?

Kominfo Blokir Paypal Hingga Steam, Kenapa?
Aplikasi Paypal (Freepik)

MURIANEWS, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir sejumlah platform digital yang notabene sudah sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pemblokiran dilakukan mulai dari Paypal hingga Steam yang merupakan platform distribusi game.

Pemblokiran itu dilakukan lanyaran mereka tidak terdaftar atau mendaftarkan ulang dalam Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup Privat, terhitung mulai Sabtu (20/7/2022).

Direktur Jendral (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika), Semuel A Pangarepan menjelaskan, platform digital yang diblokir oleh Kominfo diantaranya adalah PayPal, Yahoo Search Engine, Steam, Dota 2, Counter Strike, Epic Games, Origin.com, dan Xandr.com.

Baca: Aman! WhatsApp Tak Jadi Diblokir Kominfo

”Mereka tidak terdaftar dalam PSE lingkup privat sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan,” ungkapnya, dikutip dari Tirto.id, Sabtu (30/7/2022).

Sebelumnya, Kominfo mewajibkan pendaftaran PSE dengan tenggat Rabu (20/7/2022). Setelah tenggat lewat, Kominfo memberikan perpanjangan tenggat pendaftaran lima hari kerja setelah mengirimkan surat teguran.

Namun, sampai waktu perpanjangan yang sudah diberikan itu, beberapa platform digital ada yang tidak melakukan pendaftaran, sehingga mereka diblokir oleh kominfo.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Tirto.id

Comments
Loading...