Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ketahui, Ini Dampak Keringkan Busa Helm Pakai Hair Dryer

Ketahui, Ini Dampak Keringkan Busa Helm Pakai Hair Dryer
Foto: Ilustrasi helm motor (Fodsports dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Fungsi helm seringkali dianggap sepele bagi sebagian pengendara motor. Mereka ini beranggapan kalau helm hanyalah sebagai pelengkap saat berkendara.

Padahal, helm ini punya fungsi penting. Yakni, melindungi kepala kita saat berkendara.

Mengingat pentingnya fungsinya ini, helm tentunya perlu dirawat dengan baik agar awet dan selalu nyaman dipakai. Terutama, ketika helm basah karena dicuci atau terkena air hujan.

Baca juga: Suka Naruh Helm di Atas Tangki Motor? Ketahui Ada Efek Negatifnya lho

Untuk mengeringkan busa basah, tak jarang pemilik helm mengeringkannya menggunakan hair dryer. Namun, cara ini justru punya efek negatif.

Walaupun cepat kering dan praktis dilakukan, mengeringkan busa helm menggunakan hair dryer bisa merusak.

”Karena hawa panas yang keluar dari hair dryer bisa merusak busa helm,” terang Wahyu Aditya Utama dari 1Ds Solution, spesialis perawatan helm dan apparel riding seperti dikutip dari Gridoto.com.

Hawa panas dari hair dryer dapat membuat busa helm mudah kempes. Efeknya, busa yang sudah kempes membuat helm tidak enak dipakai.

Selain itu, busa yang kempes juga membuat helm lebih longgar dan rawan terlepas saat digunakan. Helm seperti ini bahaya seandainya terjadi kecelakaan dan bisa berakibat fatal.

”Makanya untuk pengeringan busa helm yang basah disarankan untuk dikeringkan dengan suhu ruangan. Bahkan dijemur di bawah sinar Matahari langsung pun bisa merusak,” cetus Wahyu.

Wahyu juga mengingatkan, untuk menghindari mencuci helm di jasa pencucian. Karena umumnya tempat pencucian helm mengeringkan menggunakan pemanas.

”Jadi nanti tidak hanya busa pipi yang rusak, tapi lapisan sytrofoam atau EPS helm juga bisa rusak jika dikeringkannya dengan cara dipanaskan seperti itu,” pungkasnya.

Saat EPS rusak, kemampuan helm untuk melindungi kepala jadi berkurang saat terjadinya benturan. Karena itu saat mengeringkan busa helm, cukup diamkan dalam ruangan hingga kering.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...