Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kirab Jenang Tebokan, Cara Warga Kaliputu Kudus Rayakan Tahun Baru Islam

Kirab Jenang Tebokan Desa Kaliputu Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Warga Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, punya cara tersendiri untuk merayakan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah. Yakni dengan menggelar Kirab Jenang Tebokan.

Tebokan sendiri, berasal dari kata tebok yang berarti nampan untuk tempat meletakkan jenang. Acara tersebut, dilaksanakan warga Kaliputu tepat pada 1 Muharram atau Sabtu (30/7/2022) siang.

Acaranya cukup sederhana. Ratusan peserta mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa membawa tebokan berisi jenang dan penganan lainnya.

Makanan-makanan tersebut dibentuk gunungan dan diarak dari Jalan Sosrokartono menuju Balai Desa Kaliputu.

Ada tiga gunungan jenang yang diarak pada tahun ini. Sesampainya di balai desa, tiga gunungan tersebut dibacakan doa. Tanpa aba-aba, masyarakat kemudian berebut mengambil gunungan tersebut.

Baca: Kuliner Jadul Buka Luwur Sunan Kudus Hadirkan Penganan Tempo Dulu

Kepala Desa Kaliputu Kudus Widiyo Pramono menyampaikan, tradisi Tebokan merupakan simbol untuk mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan atas keberhasilan usaha jenang di Kaliputu. Momennya, bertepatan dengan peringatan Tahun Baru Islam.

”Tahun ini sebenarnya tidak terlalu wah acaranya, tapi animo masyarakat dan partisipasi mereka di kegiatan ini benar-benar sangat tinggi sehingga ya seperti ini, sangat meriah,” kata dia usai kegiatan.

Dia pun berjanji peringatan serupa di tahun depan akan dibuat lebih meriah lagi karena pandemi sudah mereda. ”Tahun depan akan kami buat lebih meriah lagi,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...