Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Kuliner Jadul Buka Luwur Sunan Kudus Hadirkan Penganan Tempo Dulu

Gapura kuliner jadul Empat Negeri Buka Luwur Makam Sunan Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Penganan-penganan tempo dulu alias jadul bakal hadir di Kuliner Jadul Empat Negri Buka Luwur Makam Sunan Kudus tahun 2022 ini. Mulai dari kuliner khas Jawa, Tionghoa, Arab, dan Kolonial, semua punya representasi makanannya masing-masing.

Lokasinya berada di Alun-Alun Lama Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Festifal kuliner ini, akan buka mulai Sabtu (30/7/2022) hingga Minggu (7/8/2022) mendatang.

Humas Panitia Buka Luwur Makam Sunan Kudus Muhammad Kharis menyampaikan, penganan seperti nasi jangkrik, nasi uyah asem, hingga penganan tempo dulu lainnya akan hadir di sana.

Pengunjung, tidak akan dikenai biaya untuk masuk ke food bazar tersebut. Harga yang dipatok pun dijamin tidak akan menguras kantong dari para pengunjung.

”Tarif normal dan terjangkau, jadi silahkan saja berkunjung ke Kuliner Jadul ini,” ucap dia.

Baca: Luwur Penutup Makam Sunan Kudus Dibuka

Kharis menambahkan, kegiatan ini memang tergolong baru bila berkaitan dengan perayaan Buka Luwur Sunan Kudus.

”Karena ini biasanya memang digelar saat Ta’sis, namun pada tahun ini digelar bebarengan dengan Buka Luwur,” sambung dia.

Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) selaku penyelenggara buka luwur pun telah menyiapkan sederet kegiatan yang diakhiri dengan pembagian berkat umum nasi uyah asem dan upacara buka luwur.

Baca: Makam Sunan Kudus Tanpa Luwur, Kental Nilai Historis

Pada tahun ini pula, pihak yayasan kembali membuka antrean bagi masyarakat umum untuk pembagian nasi uyah asem khas Buka Luwur Masjid Menara dan Makan Sunan Kudus.

Namun, tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan dan sejumlah teknis baru dari hasil evaluasi penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

”Tahun ini insyaAllah kami adakan lagi (antrean umum) di samping juga antrean berkat bagi mereka yang sudah menyumbang untuk pelaksanaannya nanti, sesuai jadwal tanggal 8 Agustus mendatang,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...