Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Serikat Pekerja Rokok Pasuruan Belajar ke Kudus

Study banding RTMM Pasuruan ke Kantor RTMM Kudus, Sabtu (30/7/2022). (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP RTMM-SPSI) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mendapat tamu dari RTMM Pasuruan, Jawa Timur. Mereka ingin menimba ilmu dari RTMM Kudus terkait manajemen organisasi.

Suherman, Ketua RTMM Pasuruan mengatakan, jika RTMM Kudus bisa dibilang sangat cakap dalam mengelola organisasinya. Alasannya, adalah minimnya konflik antarpekerja yang terjadi di bawah naungan mereka.

Padahal, anggota dari RTMM Kudus ada sebanyak 72 ribu lebih orang dan semuanya merupakan pekerja aktif.

”Nah ini yang ingin kami pelajari, bagaimana mereka mengorganisir masa sebanyak itu, manajemennya organisasinya pasti baik kami rasa,” ujar dia di sela kunjungannya ke Kantor RTMM Kudus, Sabtu (30/7/2022).

Baca: 63 Ribu Buruh Rokok di Kudus Bakal Terima BLT DBHCHT

Selain mempelajari itu, mereka juga ingin mepelajari bagaimana pemanfaatan Kartu Tanda Anggota (KTA) agar lebih bermanfaat.

”Anggota RTMM di Kabupaten Kudus ini kan punya KTA digunakan untuk berbelanja di UMKM, inilah yang ingin kami ketahui bagaimana sistemnya, kami ingi belajar banyak di sini, termasuk juga pencairan BLT Buruh Rokok yang di tempat kami masih belum bisa dicairkan,” pungkasnya.

Ketua PC FSP RTMM Kudus Suba’an Abdul Rochman menyambut baik kunjungan ini. Selain menjalin silaturahmi antarsesama pengurus, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang tukar ilmu.

”Kami juga akan belajar dari mereka utamanya terkait apa yang ada di mereka tapi belum ada di kami dan itu demi kemaslahatan anggota kami,” pungkasnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disnaker Perinkop UKM) Rini Kartika Hadi Ahmawati menyampaikan, RTMM adalah layaknya rumah bagi pekerja rokok.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong para pengurus RTMM untuk terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah terkait nasib dan kesejahteraan buruh rokok di Kudus.

”Tugas mereka adalah mengayomi dan melindungi pekerja rokok di Kudus, kami juga mendorong mereka untuk beregenerasi dan terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah,” tandasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...