Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Luwur Penutup Makam Sunan Kudus Dibuka

Perewang keluar dari area Makam Sunan Kudus dengan membawa luwur yang dilepas. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Luwur atau kelambu putih penyelimut Makam Sunan Kudus di area Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022) dibuka. Satu per satu kain penyelimut itupun dibawa ke luar area makam oleh 35 perewang.

Prosesinya dimulai tepat pukul 06.00 WIB pada 1 Muharram. Atau jika dalam kalender masehi jatuh pada Sabtu (30/7/2022) hari ini.

Kegiatan tersebut diawali dengan melakukan ziarah ke Makam Sunan Kudus. Lantunan tahlil dan doa kemudian dipanjatkan tepat sebelum prosesi pelepasan luwur dimulai.

Sebagian perewang kemudian bertugas melepas luwur yang ada di dinding-dinding makam. Sebagiannya lagi, membawanya ke luar makam untuk diurai motifnya lalu dipotong untuk kemudian dibagikan kepada para alim ulama dan tokoh masyarakat.

Baca: Cek di sini, Jadwal Rangkaian Buka Luwur Sunan Kudus 2022

Total panjang kain mencapai 1.500 meter. Luwur yang kali pertama dilepas adalah luwur yang berada di sekeliling cungkup Makam Sunan Kudus. Kemudian diikuti luwur-luwur di sekitarnya.

Prosesi lepas luwur sendiri, menjadi bagian dari rentetan acara tradisi Buka Luwur Makam Sunan Kudus yang digelar Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) pada tahun ini.

Humas panitia kegiatan tradisi buka luwur Makam Sunan Kudus Muhammad Kharis mengatakan, proses pelepasan luwur berlangsung kurang lebih tiga jam. Terhitung pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

”Selama prosesi tadi, peziarah diminta untuk berziarah dalam masjid, yang menghadap ke area makam,” ujar Kharis Sabtu pagi.

Baca: Keris dan Trisula Peninggalan Sunan Kudus Dijamas

Setelah prosesi luwur tersebut, para peziarah dipersilahkan kembali untuk masuk ke area makam untuk berziarah. Mereka akan melihat Makam Sunan Kudus yang beda dari sebelumnya.

”Bagi yang berziarah di hari-hari perayaan buka luwur akan bisa merasakan berziarah di makam Kanjeng Sunan tanpa tertutup luwur,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...