Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ban Diisi Nitrogen Bikin Bahan Bakar Irit? Ini Faktanya

Ban Diisi Nitrogen Bikin Bahan Bakar Irit? Ini Faktanya
Foto: Ilustrasi isi angin ban dengan nitrogen (gridoto.com)

MURIANEWS, Kudus – Mengisi angin ban dengan nitrogren saat ini sudah cukup familiar. Indikasinya, di tempat pengisian ban dengan nitrogen, seperti yang ada di SPBU, cukup banyak peminatnya.

Mengisi ban dengan nitrogen lebih banyak dilakukan pemilik mobil. Sebagian dari mereka ada yang beranggapan jika mengisi ban dengan nitrogen lebih baik daripada angin biasa.

Bahkan, banyak yang menyatakan jika isi angin nitrogen bisa berdampak pemakaian bahan bakar jadi lebih irit. Benarkan demikian?

Baca juga: Mengisi Ban Mobil dengan Nitrogen, Ini yang Penting Diketahui

Melansir dari Gridoto.com, anggapan itu dibantah oleh Johan dari Tripanca Tire Services, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Johan menjelaskan penggunaan angin nitrogen pada ban tidak ada pengaruhnya terhadap konsumsi bahan bakar.

”Angin nitrogen itu lebih baik karena sifat gasnya yang lebih stabil dibandingkan oksigen atau angin biasa,” terangnya.

Selain itu molekul nitrogen lebih padat dan besar dibanding angin biasa. Hal tersebut yang membuat tekanannya lebih stabil.

Tekanan angin biasa pada ban sering berubah-ubah sehingga menimbulkan perubahan tekanan angin pada ban. Menurut Johan saat ada penyusutan, tekanan angin biasa lebih cepat turun dibanding nitrogen.

Ini juga dipengaruhi kecilnya partikel oksigen yang sering keluar melalui pori-pori ban atau bocor halus. Saat bocor halus sering tidak disadari sehingga ban jadi kurang angin dan menyebabkan konsumsi bahan bakar boros.

”Kalau angin nitrogen, partikel lebih besar sehingga tidak mudah keluar dari pori-pori ban,” jelas Johan.

Tapi Johan mengingatkan untuk selalu mengisi tekanan angin ban yang direkomendasikan oleh pabrik. Karena jika kurang angin, kendaraan tetap boros meski menggunakan nitrogen.

 

 

Penulis: Loeby Galih Witantra
Editor: Dani Agus
Sumber: gridoto.com

Comments
Loading...