Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Di Kudus Muncul Delapan Parpol Baru

Sosialisasi pendaftaran, verifikasi, dan penetapan Parpol peserta Pemilu 2024 KPU Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak delapan partai politik (Parpol) baru di Kabupaten Kudus muncul. Para parpol itu sosialisasi pendaftaran parpol untuk Pemilu 2024 yang digelar KPU Kudus, di @home Hotel, Kudus, Jumat (29/7/2022).

Delapan partai baru itu yakni Partai Gelombang Rakyat, Partai Umat, Partai Rakyat Adil Makmur, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Pelita, dan Partai Kedaulatan.

Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan, pada sosialisasi kali ini, pihaknya memang mendata semua partai politik yang sudah terdaftar di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)  KPU RI untuk dijadikan peserta sosialisasi.

Walau begitu beberapanya memang belum hadir ataupun belum ada kepengurusan di daerah.

”Yang hadir di sini juga belum pasti apakah akan mendaftar sebagai peserta pemilu tahun 2024 nanti,” katanya.

Baca: Pendaftaran Parpol di Kudus Mulai 1 Agustus

Dia menyebut, tidak semua parpol yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM bisa langsung masuk sebagai parpol peserta Pemilu 2024. Parpol itu harus tetap mendaftar ke KPU dan menjalani sejumlah tahap verifikasi.

”Oleh karena itu kami mengundang mereka untuk menyosialisasikan tata cara pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol Pemilu 2024 hari ini,” ujarnya.

Baik partai baru maupun partai lama, tahapan pendaftarannya sama saja. Hanya, untuk partai lama dan telah mengisi parlemen, tidak akan melalui tahap verifikasi faktual.

Sementara untuk partai baru dan partai yang belum mengisi parlemen, maka akan melewati tahap tersebut.

Tahapan verifikasi administrasi, akan dilaksanakan 2 Agustus sampai 11 September 2022. Sementara verifikasi faktual akan dilaksanakan 15 Oktober sampai 4 November 2022.

”Dalam perjalanannya, setelah partai mendaftar memang akan dilaksanakan tahapan verifikasi. Partai baru akan menjalani verifikasi faktual sebagai bentuk pembuktian jika partainya memang aktif dan mempunyai anggota,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...