Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Jabar

Polisi Tangkap Penanam Ganja 10 Hektar di Cianjur

Polisi Tangkap Penanam Ganja 10 Hektar di Cianjur
Polisi saat menunjukkan hasil temuan ganja seluas 10 hektar (Kompas.com)

MURIANEWS, Cianjur – Polisi berhasil menangkap seorang yang diduga menjadi pelaku penanaman ganja seluas 10 hektar di Gunung Karuhun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pria itu berinisial H yang merupakan warga Kecamatan Campaka.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan, proses penangkapan H ini memang cukup panjang. Sebelum ditetapkan tersangka, H bahkan diperiksa sebagai saksi. Menurutnya, penetapan H sebagai tersangka berdasarkan hasil pemeriksaan, keterangan saksi-saksi, dan bukti-bukti yang ada.

”Tersangka juga mengakui sebagai pemilik bibit sekaligus yang menanamnya. Tersangka H ini warga Kecamatan Campaka,” kata Doni, dikutip dari Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Baca: Polisi Temukan Ladang Ganja Seluas 10 Hektar di Cianjur

Selain H, ada delapan orang yang masih menjalani pemeriksaan, sehingga besar kemungkinan jumlah tersangka bisa bertambah.

”Kalau lihat luasan lahan dan banyaknya barang bukti, saya kira kecil kemungkinan tidak ada pihak lain yang terlibat,” ujar dia.

Karena itu, pemeriksaan terhadap saksi-saksi terus diintensifkan. Saat ini, polisi masih mengejar pemasok bibit ganja dan distributornya.

Diketahui, ladang ganja tersebut tidak berada dalam satu titik yang sama, melainkan ditanam secara menyebar. Namun, total pengukuran dari lahan tersebut, sebagaimana dilakukan pengecekan ada seluas 10 hektar.

Baca: Terima Aduan 54 WNI Diduga Disekap di Kamboja, Begini Respon Ganjar

Penanamannya dibuat secara berpisah-pisah di sejumlah titik hingga perbatasan wilayah Sukabumi. Sedangkan orang yang pertama kali menemukan ladang ganja di Cianjur adalah warga yang tengah mencari madu di hutan.

Warga tersebut curiga dengan bentuk tanaman yang ia temukan sehingga melapor ke pihak kepolisian untuk memastikan temuannya. Setelah dicek, ternyata benar bahwa itu adalah tanaman ganja.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...