Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Jabar

Polisi Temukan Ladang Ganja Seluas 10 Hektar di Cianjur

Polisi Temukan Ladang Ganja Seluas 10 Hektar di Cianjur
Polisi saat mengamankan barang bukti berupa pohon ganja (Kompas.com)

MURIANEWS, Cianjur – Anggota Polres Cianjur, Jawa Barat menemukan ladang ganja seluas 10 hektar. Lahan tersebut berada di kawasan Gunung Karuhun, Kampung Pasirleneng, Desa Cimenteng, Kecamatan Campaka.

Kapolsek Campaka, AKP Irwan Alexander mengatakan, ladang ganja tersebut tidak berada dalam satu titik yang sama, melainkan ditanam secara menyebar. Namun, total pengukuran dari lahan tersebut, sebagaimana dilakukan pengecekan ada seluas 10 hektar.

“Penanamannya dibuat secara berpisah-pisah di sejumlah titik hingga perbatasan wilayah Sukabumi,” katanya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Baca: Ladang Ganja Seluas 400 Meter Persegi ditemukan di Papua

Dia menambahkan, orang yang pertama kali menemukan ladang ganja di Cianjur adalah warga yang tengah mencari madu di hutan. Warga tersebut curiga dengan bentuk tanaman yang ia temukan sehingga melapor ke pihak kepolisian untuk memastikan temuannya.

”Setelah anggota kita melakukan pengecekan ke lokasi, ternyata betul (ganja),” terangnya.

Setelah menemukan ladang ganja tersebut, kepolisian menyita setidaknya 300 batang ganja. Kemudian dari tanaman ganja yang disita, di antaranya ada yang siap panen dalam waktu satu bulan.

”Ada yang pertama kali tanam, tapi ada juga yang kemungkinan sudah tanam yang ke sekian kalinya,” ungkapnya.

Penanaman ganja itu diduga berada di kawasan lahan hutan milik Perhutani Kabupaten Cianjur. Namun, proses penanamannya disembunyikan dengan tanaman yang lainnya.

Baca: 2 Hektare Ladang Ganja di Pegunungan Tor Mangompang Dimusnahkan

”Kami jelaskan, ini bukan lahan hamparan 10 hektar yang digunakan, tapi ada di beberapa titik dengan perkiraan luas sekitar 1 hektar yang menjati tempat oknum terduga pelaku menanam tanaman ganja,” kata Plt Adm Perhutani Kabupaten Cianjur, Rusliadi.

Kapolres Cianjur AKPB Doni Hermawan mengatakan, pelaku adalah warga yang domisilinya tak jauh dari lokasi penemuan ladang ganja. Pihaknya belum bisa memastikan apakah hanya ada satu pelaku atau lebih. Namun, pelaku diduga menanam, memupuk, dan merawat tanaman ganja tersebut.

”Secepatnya akan kita tangkap karena petugas tengah melakukan pengejaran ke sejumlah titik di mana pelaku sempat tinggal atau bersembunyi,” tegasnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...