Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Keraton Surakarta Pastikan Kirab Malam 1 Sura Diikuti Kebo Bule

Ilustrasi kebo atau kerbau bule Keraton Solo. (Dok Solopos)

MURIANEWS, Solo — Kirab Pusaka malam 1 sura yang menjadi tradisi rutin Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Jumat (29/7/2022) nanti malam dipastikan akan diikuti kebo bule atau kiai selamet.

Kepastian tersebut diungkapkan Pengageng Parentah Keraton Solo, KGPH Dipokusumo menjelang persiapan kirab, Kamis (28/7/2022) kemarin.

KGPH Dipokusumo mengatakan, saat ini lima ekor kebo bule keturunan Kiai Slamet yang merupakan ikon kirab pusaka itu saat ini tengah disiapkan. Kelima kebo bule tersebut juga sudah menjalani karantina di Magangan Kompleks Keraton Solo.

”Ada lima kebo bule yang saat ini masih dikarantina di Magangan. Kelima kerbau keturunan Kyai Slamet itu disiapkan untuk prosesi kirab,” kata Gusti Dipo seperti dikutip Solopos.com.

Keraton Solo masih menunggu dan terus memantau kondisi kesehatan kelima kebo bule itu untuk memastikan mereka benar-benar sehat hingga Jumat dan siap diikutkan kirab malam 1 Sura.

Baca: Kirab Malam 1 Sura Keraton Solo Dimungkinkan Tak Diikuti Kebo Bule

Pemantauan kondisi kesehatan kebo bule dilakukan tim dokter kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Solo dan internal Keraton.

Saat ini, kelima kerbau bule itu dalam kondisi sehat. ”Semoga kondisi kesehatan semua kebo bule terus membaik. Namun, tetap dipantau, mana yang layak, mana yang kuat berjalan dalam prosesi kirab,” ujarnya.

Gusti Dipo mengaku belum dapat memastikan jumlah kebo bule yang akan diikutkan kirab. Ia juga enggan membeberkan jumlah pusaka yang dikirab. Namun, pusaka yang pasti dikirab adalah Kiai Slamet yang berpasangan dengan kebo bule.

Baca: Kena PMK, 7 Kebo Bule Milik Keraton Solo Membaik

Disinggung ihwal rute perjalanan kirab malam 1 Sura tersebut, Gusti Dipo menyampaikan tidak ada perubahan alias sama seperti tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.

”Persiapan di halaman Keraton dimulai pukul 23.00 WIB. Nanti kirab mulai berjalan pada pukul 00.00 WIB. Jarak perjalanan kirab lebih dari lima kilometer,” imbuhnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...