Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Metro Jateng

Kapendam IV/Diponegoro Pastikan Jenazah Kopda M Tak Dimakamkan Secara Militer

Peti jenazah Kopda M dibawa keluar setelah proses autopsi di RS Bhayangkara Semarang untuk dimakamkan di Kendal, Kamis (28/7/2022). (Antara/IC Senjaya)

MURIANEWS, Semarang — Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IV/Diponegoro, Letkol Inf Bambang Hermanto memastikan jenazah anggota TNI AD Kopda M yang diduga menjadi otak penembakan istrinya sendiri tak dimakam secara militer.

Meski masih tercatat sebagai prajurit TNI AD, Kopda M semasa hidupnya telah melakukan pelanggaran berat sehingga hak untuk dimakamkam secara militer dicabut.

Selain itu almarhum juga melakukan tindak indisipliner dengan tidak hadir tanpa izin di kesatuannya sejak peristiwa penembakan itu pada 18 Juli 2022.

Baca: Diduga Bunuh Diri, Kopda M Ditemukan Meninggal di Rumah Orang Tuanya di Kendal

”Tidak ada pemakaman militer karena almarhum melakukan pelanggaran berat,” katanya seperti dikutip Solopos.com, Kamis (28/7/2022).

Kapendam menyebutkan jika seusai autopsi, jenazah Kopda M langsung dibawa keluarganya untuk dimakamkan di Kendal.

”Dibawa ke Kendal untuk dimakamkan. Tadi disaksikan oleh adiknya,” ujarnya.

Sebelumnya, hasil autopsi jenazah Kopda M memastikan penyebab kematian akibat keracunan. Hal itu ungkapkan Komandan Polisi Militer Kodam IV/Diponegoro, Kolonel Rinoso Budi.

Meski demikian, masih dibutuhkan pemeriksaan lanjutan berupa patologi anatomi dan pemeriksaan laboratorium toksikologi untuk memastikan racun yang menyebabkan kematian prajurit TNI Batalyon Arhanud 15 Semarang itu. Pemeriksaan lanjutan itu membutuhkan waktu sekitar dua hingga empat pekan.

Baca: Autopsi Keluar, Kopda M Meninggal Keracunan

Untuk diketahui, Kopda M yang diduga menjadi otak penembakan istri sendiri di Jalan Cemara III, Banyumanik, Kota Semarang itu ditemukan meninggal dunia di dalam kamar oleh ayahnya bernama Mustaqim, Kamis pagi. Kopda M pulang ke rumah orang tuanya di Kendal pada Kamis pagi dan sempat meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

 

Comments
Loading...