Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Sejarah Hari Hepatitis Sedunia yang Diperingati Tiap Tanggal 28 Juli

Sejarah Hari Hepatitis Sedunia yang Diperingati Tiap Tanggal 28 Juli
Foto: Logo Hari Hepatitis Sedunia (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Penyakit hepatitis sebenarnya sudah muncul sejak lama. Namun, akhir-akhir ini, penyakit hepatitis sedang menjadi pusat perhatian dunia.

Hal ini menyusul adanya kasus kematian yang diindikasikan disebabkan oleh penyakit hepatitis misterius. Beberapa orang yang meninggal ini adalah anak-anak.

Terkait kondisi ini, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah meminta semua pihak untuk mewaspadai kasus hepatitis akut misterius yang kini mulai terjadi di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Ini Fakta Tentang Penyakit Hepatitis yang Penting Diketahui

Dikutip dari laman Hello Sehat, hepatitis adalah salah satu penyakit yang menjadi ancaman kesehatan utama di dunia. Penyakit ini menyebabkan peradangan hati akibat infeksi virus, sehingga mudah ditularkan dari orang ke orang.

Hati (liver) termasuk organ pencernaan dan berperan penting terhadap proses metabolisme tubuh. Infeksi virus hepatitis dapat menyebabkan gangguan fungsi hati dalam proses pencernaan hingga penyaringan racun dan zat berbahaya dalam tubuh.

Penyakit liver yang satu ini dibagi menjadi lima jenis, yaitu:

  • hepatitis A,
  • hepatitis B,
  • hepatitis C,
  • hepatitis D, dan E.

Penyebab hepatitis pun beragam, mulai dari penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan, hingga gangguan sistem kekebalan tubuh (autoimun). Namun, infeksi virus adalah penyebab utama dari penyakit ini.

Untuk meningkatkan kesadaran global terhadap penyakit hepatitis serta mendorong pencegahan, diagnosis dan pengobatan maka tiap tanggal 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia.

Tema Hari Hepatitis Sedunia 2022

Melansir dari Detik.com, tema Hari Hepatitis Sedunia 2022 adalah ”Bringing Hepatitis Care Closer to You” yang artinya ”Membawa Perawatan Hepatitis Lebih Dekat dengan Anda”.

Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang perlunya menyederhanakan dan menyediakan perawatan hepatitis ke fasilitas kesehatan primer, tempat berbasis komunitas, dan lokasi di luar lokasi rumah sakit. Untuk itu, perawatan lebih dekat dengan komunitas dan masyarakat, misalnya puskesmas.

Strategi Sektor Kesehatan Global tentang HIV, hepatitis virus, dan infeksi menular seksual untuk periode 2022-2030, menekankan pentingnya perawatan yang berpusat pada orang dan penyelarasan sistem, serta integrasi layanan untuk mencapai tujuan eliminasi pada tahun 2030.

Sejarah Hari Hepatitis Sedunia

Hari Hepatitis Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 Juli, adalah kesempatan untuk meningkatkan upaya nasional dan internasional tentang hepatitis, mendorong tindakan, dan keterlibatan oleh individu, mitra, dan masyarakat. Selain itu, menyoroti perlunya tanggapan global yang lebih besar sebagaimana diuraikan dalam laporan hepatitis Global WHO tahun 2017 .

Tanggal 28 Juli dipilih karena bertepatan dengan hari ulang tahun ilmuwan pemenang hadiah Nobel Dr Baruch Blumberg. Ia merupakan sosok yang menemukan virus hepatitis B (HBV) dan mengembangkan tes diagnostik dan vaksin untuk virus tersebut.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: hellosehat.com, detik.com

Comments
Loading...