Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bulutangkis Piala Presiden 2022, Turnamen Pertama Antar Provinsi

Piala Presiden 2022
PBSI meluncurkan kejuaraan baru bulutangkis. Bertajuk Piala Presiden 2022, kejuaraan ini akan mengusung kompetisi antar provinsi. (dok.PBSI)

MURIANEWS, Jakarta – PBSI untuk pertama kalinya akan menggelar Kejuaraan Bulutangkis Piala Presiden 2022. Kejuaraan ini akan menjadi turnamen pertama yang akan menggunakan format antar provinsi.

Kejuaraan Bulutangkis Piala Presiden 2022 akan digelar di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, 1-6 Agustus 2022. Pada turnamen ini akan menyediakan hadiah total sebesar Rp1 Miliar.

“Ini merupakan sebuah sejarah baru di Indonesia, di mana digelar sebuah kejuaraan bulutangkis dengan memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia. Upaya PP PBSI yang memperjuangkan adanya kejuaraan Piala Presiden, akhirnya bisa terwujud,” ujar Agung Firman Sanpurna, Ketua PP PBSI, dikutip dari laman resmi PBSI.

Menurut Agung, turnamen ini akan menjadi agenda rutin PBSI, dalam upaya meningkatkan pembinaan bulutangkis nasional. Selama ini, belum ada kejuaraan tingkat nasional antar propinsi yang diselenggarakan PBSI.

BACA JUGA: Turnamen Bulutangkis Piala Presiden 2022 Berhadiah Total Rp1 Miliar

Ajang yang baru pertama kali diselenggarakan ini juga bertujuan untuk menjaring bibit-bibit terbaik masa depan bulutangkis Indonesia. Langkah ini sebagai estafet regenerasi untuk menjaga prestasi dan supremasi bulutangkis Indonesia di pentas dunia. Selain itu, ajang ini sekaligus untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Bulutangkis dengan prestasi yang membanggakan, malah belum pernah sekalipun menggelar Piala Presiden. Di kepengurusan saya, kita ingin menggelar Piala Presiden secara rutin. Dan alhamdulillah kita diberikan kesempatan mulai tahun ini,” jelas Agung.

Di turnamen ini, para pemain akan berlaga dengan membela nama provinsi masing-masing. Nantinya, provinsi yang mendapatkan raihan medali emas terbanyak, akan berhak mendapatkan gelar Juara dan menerima trophy bergilir Piala Presiden.

Menurut Wakil Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden, Edi Sukarno sebanyak 620 atlet bulutangkis akan ambil bagian di kejuaraan ini. Mereka berasal dari 30 provinsi dari seluruh Indonesia. Hanya Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat yang tidak mengirimkan atletnya.

Kejuaraan Piala Presiden 2022 total mempertandingkan 11 nomor. Masing-masing tunggal putra-putri kelompok umur anak-anak (U-13), tunggal dan ganda putra-putri kelompok pemula (U-15), serta tunggal dan ganda putra-putri, dan ganda campuran kelompok remaja (U-17).

“GOR Nanggala akan kami sulap menjadi arena pertandingan bulutangkis dengan total enam lapangan. Kami juga akan membuka tenant-tenant UMKM di pelataran parkir GOR Nanggala sebagai bentuk dukungan ekonomi kerakyatan,” kata Edi Sukarno.

 

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: PBSI

Comments
Loading...