Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Info Bengkulu

Baznas Bengkulu Diduga Selewengkan Uang Sebesar Rp 3 Miliar

Baznas Bengkulu Diduga Selewengkan Uang Sebesar Rp 3 Miliar
Petugas Kejari Bengkulu Selatan saat menggeledah kantor Baznas (Kompas.com)

MURIANEWS, Bengkulu – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu diduga menyelewengkan dana sebanyak Rp 3 miliar. Dana tersebut dihimpun dari para dermawan dan hasil zakat dari masyarakat.

Dugaan penyelewengan dana Baznas itu terjadi pada 2019 dan 2020. Karena itu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengku pun mengambil sikap dengan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

”Kami mengindikasikan dana Baznas yang berasal dari masyarakat tidak ditunaikan sebagaimana mestinya,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari), Bengkulu Selatan, Hendri Hanafi, dikutip dari Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Baca: Pungut Sedekah di Sekolah, Baznas Jepara Diminta Bijaksana

”Ada anggaran yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Selanjutnya adanya mark up dana pengadaan barang untuk bantuan,” sambungnya.

Dana Baznas itu bersumber dari hibah, zakat, infak dari ASN di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan. Kejari telah memintai keterangan sekitar 30 orang saksi.

”Saksi yang sudah diperiksa sekitar 30 orang,” ujarnya.

Selain itu, Kejari Bengkulu Selatan juga telah menggeledah kantor Baznas guna melengkapi berkas dan mencari bukti guna kepentigan penyidikan. Dari kantor Baznas tim kejaksaan membawa sejumlah dokumen yang dimasukkan ke dalam kontainer.

Baca: Sempat Muntah, Penyebab Kematian Kopda M Masih Diselidiki

Selain menggeledah kantor Baznas penyidik kejaksaan juga menggeledah beberapa rumah mantan pengurus Baznas.

”Dokumen kita amankan guna kepentingan pemeriksaan,” tutupnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...