Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Indomaret Ajari Puluhan UMKM di Kudus Cara Kembangkan Usaha

Penyerahan bantuan gerobak secara simbolis oleh Bupati Hartopo untuk pelaku UMKM. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 75 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memperoleh pelatihan pengembangan usaha dari Indomaret. Kegiatan itu dilaksanakan di Pendapa Kabupaten Kudus, Kamis (28/7/2022).

Adapun materi pelatihannya antara lain meliputi tata cara pengemasan, penjaminan mutu, dan prosedur agar produk UMKM bisa tembus pasar retail.

Branch Manager Indomaret Cabang Semarang Royanto Budi menyampaikan, kegiatan ini ditujukkan untuk meningkatkan mutu dan kualitas UMKM yang ada di daerah.

Dengan begitu, perekonomian baik dari skala kecil hingga besar bisa tumbuh melalui produk UMKM tersebut.

”Ini juga sebagai upaya kami dalam menumbuhkan mitra UMKM Indomaret, supaya ada perkembangan yang awal mulanya hanya lokal namun akhirnya bisa menembus pasar kami, inilah yang kami harapkan,” katanya.

Baca: Biar Melek Digitalisasi Bisnis, 50 UMKM Jateng Belajar Bareng di Pati

Para UMKM yang mengikuti kegiatan hari ini juga, sambung Royan, akan dipilah dan dinilai mana yang bisa dan lolos masuk ke pasar retail Indomaret. Tentunya, bila memang ada yang memang memenuhi kriterianya.

”Karena itu pada pagi hari ini kami mengedukasi terkait perizinan, kualitas rasa, kemasan, gramasi, dan hal penunjang lainnya. Semoga ini bermanfaat dan semoga ada produk yang bisa menembuh retail kami,” tandasnya.

Bupati Kudus HM Hartopo sangat mengapresiasi kegiatan ini. Hartopo menyampaikan, saat ini UMKM adalah ujung tombak bangkitnya ekonomi Kudus. Sehingga memang perlu dibekali ilmu yang lebih agar bisa semakin maju.

”Ini bisa jadi pilot project di Kudus, UMKM ini kan merupakan aset kita yang menjadi tumpuan untuk menumbuhkan ekonomi di Kudus, mereka adalah harapan,” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Indomaret memberikan sejumlah bantuan pada pelaku UMKM. Di antaranya gerobak jualan, hingga timbangan elektronik.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...