Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Setelah Nakes, Vaksin Dosis Keempat akan Disuntikkan Kepada Masyarakat

Setelah Nakes, Vaksin Dosis Keempat akan Disuntikkan Kepada Masyarakat
Tenaga kesehatan melakukan vaksinasi Covid-19. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Jakarta – Pemerintah saat ini tengah menyiapkan regulasi untuk pemberian vaksin dosis keempat kepada masyarakat umum. Namun, sebelum itu tenaga kesehatan (Nakes) yang akan menjadi sasaran utama.

Juru bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Moh Syahril mengatakan, regulasi vaksinasi Covid-19 dosis keempat masih disiapkan.

Dia mengatakan bahwa untuk ketersediaan vaksin hingga saat ini masih melimpah. Sehingga akan sangat cukup apabila vaksin tersebut disuntikkan.

”Tunggu saja ya berita resminya. Ini masih dipersiapkan semua khususnya regulasinya. Kalo vaksinnya sudah siap,” ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Kamis (28/7/2022).

Baca: Siap-Siap, 4 Juta Nakes Bakal Terima Vaksin Dosis Keempat

Menurut Syahril, nantinya vaksinasi Covid-19 dosis keempat terlebih dahulu diberikan kepada kelompok yang berisiko tinggi. Kelompok tersebut seperti nakes, lansia, imunocompromise atau orang yang memiliki masalah sistem imun, dan pelayan publik.

”(Regulasi vaksinasi Covid-19 dosis keempat) masih disiapkan, tidak lama lagi,” terangnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa untuk vaksinasi dosis keempat kali pertama akan disuntikkan kepada nakes. Jumlahnya mencapai 4 juta nakes.

”Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun,” kata Budi.

Baca: Covid-19 Dianggap Sudah Reda, Bikin Capaian Vaksin Booster Grobogan Sedikit

Menurutnya, stok vaksin Covid-19 saat ini masih berlimpah. Indonesia dipastikan tidak kekurangan vaksin untuk pemberian dosis keempat.

”Vaksin untuk nakes banyak, vaksin kita kan berlebih. Nakes ada 4 juta, vaksin kita sudah cukup kok,” terangnya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

Comments
Loading...