Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Bingung Mau Perpanjang STNK di Kota Lain? Coba Pakai Cara Ini

Bingung Mau Perpanjang STNK di Kota Lain? Coba Pakai Cara Ini
Foto: Ilustrasi STNK (Murianews/Dani Agus)

MURIANEWS, Kudus – Untuk mengurus perpanjang STNK saat ini tidak harus datang ke kantor samsat seperti dulu. Hadirnya teknologi menjadikan banyak urusan menjadi lebih mudah, salah satunya adalah perpanjang STNK.

Meski demikian, banyak juga pemilik kendaraan yang masih bingung ketika akan perpanjang STNK untuk kendaraan dari luar kota. Pertanyaan yang sering dilontarkan adalah apakah perpanjang STNK dari kota lain itu bisa dilakukan juga secara online?

Lantaran tidak punya informasi yang baik, pemilik kendaraan ini akhirnya memilih datang ke kota sesuai domisili kendaraan untuk perpanjang STNK. Ada juga yang meminta bantuan orang lain untuk menguruskan dan ada yang akhirnya enggan melakukan perpanjang STNK karena beberapa alasan.

Baca juga: Perhatian! STNK Mati Dua Tahun Data Otomatis Dihapus, Kendaraan Bisa Dianggap Bodong

Melansir dari Auto2000, melakukan pembayaran STNK menjadi kewajiban tersendiri. Membayar pajak menjadi salah satu bentuk tanggung jawab sebagai warga negara yang baik.

Meski begitu, bagi pemilik kendaraan yang sedang merantau akan cukup merepotkan kalau harus pulang kampung saat melakukan bayar pajak. Sebab itu, Mabes Polri mengembangkan suatu layanan sistem yang bernama e-Samsat atau Samsat online.

Sistem tersebut mempermudah Anda untuk membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Samsat manapun. Dalam hal ini, Anda tidak perlu pulang kampung lagi  hanya untuk mengurus pembayaran pajak kendaraan.

Adanya e-Samsat ini tidak akan membuat Anda bingung lagi saat memiliki pertanyaan, apakah bisa membayar pajak di kota lain? Jawabannya tentu bisa. Karena saat ini segala informasi dapat diolah secara online, harapannya masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik.

Sebelum melakukan proses pembayaran pajak, terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.

Syarat Perpanjang STNK Di Kota Lain

Layanan e-Samsat sangat mempermudah pemilik kendaraan dalam mengurus pembayaran pajak. Untuk memproses pembayarannya, terdapat beberapa syarat perpanjang STNK di kota lain sebagai berikut.

1. Syarat Bayar Pajak di Beda Kota

Terdapat beberapa dokumen yang perlu Anda lengkapi dalam melakukan pembayaran pajak sebagaimana yang disampaikan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) masing-masing provinsi melalui situs resminya. Dokumen tersebut diantaranya:

  • KTP asli dan fotokopi
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi

Untuk persyaratan dokumen ini sebenarnya sama seperti saat Anda melakukan pembayaran pajak di kota asal. Anda hanya perlu membawa KTP, STNK, dan BPKB dalam bentuk asli dan fotokopi. Mudah bukan?

Untuk proses pembayaran secara offline, Anda dapat mendatangi kantor Samsat, Samsat Keliling, atau Samsat Corner terdekat dari tempat tinggal. Di sana, Anda tinggal mengikuti prosesnya seperti biasa, bahkan Anda tidak akan mengalami kesulitan meski administrasi terkait kepemilikan kendaraan tercatat di kota lain.

2. Biaya Perpanjang STNK Beda Kota

Biaya perpanjang STNK akan berbeda untuk setiap jenis kendaraan. Hal ini ditentukan dari nilai jual kendaraan tersebut serta beberapa aturan lainnya. Perhitungan pajak tahunan ini dapat Anda perhatikan dari uraian di bawah ini:

  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dikenai biaya 10 persen dari harga jual kendaraan baru. Sementara, untuk kendaraan bekas dikenai biaya ⅔ dari pajak kendaraan.
  • Pajak Kendaraan Bermotor dikenai biaya 1,5 persen dari harga jual kendaraan. Besaran pajak ini akan berubah setiap tahunnya, mengikuti merosotnya harga jual kendaraan.
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dipatok sebesar Rp 143.000 untuk mesin dengan kapasitas 2.400 cc untuk mobil, sedangkan untuk motor dengan kapasitas 3.000 cc.
  • Biaya administrasi tidak berlaku untuk kendaraan baru. Namun, jika Anda melakukan penggantian plat 5 tahun balik nama, maka biaya ini disesuaikan dengan aturan tersebut.
  • Denda pajak kendaraan bermotor berlaku apabila Anda belum membayar pajak sesuai dengan rentang waktu yang telah ditentukan. Denda ini meliputi denda PKB dan SWDKLLJ.

Perhitungan besaran pajak apabila terlambat dari tempo, dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Perhitungan denda PKB: 25% per tahun
  • Terlambat 3 bulan: PKB x 25% x 3/12
  • Terlambat 6 bulan: PKB x 25% x 6/12

Untuk denda SWDKLLJ senilai Rp 32.000 untuk kendaraan bermotor, dan Rp 100.000 untuk kendaraan roda empat.

Demikian informasi mengenai biaya perhitungan pajak tahunan ini disampaikan oleh Divisi Humas Polri melalui situs resminya. Aturan ini dapat berubah seiring perubahan perundang-undangan yang diberlakukan pemerintah.

Cara Perpanjang STNK Di Kota Lain

Terdapat beberapa cara perpanjangan STNK di kota lain yang dapat Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan. Berikut cara-caranya di bawah ini.

1. Cara Perpanjang STNK Online di Aplikasi SIGNAL

Aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) telah diresmikan sejak 2021. Aplikasi ini merupakan generasi kedua pengganti dari Salmonas (Samsat Online Nasional). Adapun cara perpanjangan STNK menggunakan aplikasi SIGNAL harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Ikuti saja setiap instruksinya, terutama dalam memasukkan data pribadi yang bersifat rahasia. Setelah registrasi berhasil, Anda harus melakukan verifikasi ulang dengan cara klik link yang dikirimkan ke email.

2. Cara Perpanjang STNK Online di e-Samsat

Selain aplikasi SIGNAL, terdapat aplikasi e-Samsat yang dapat Anda gunakan untuk pembayaran pajak sesuai provinsi. Prosedurnya yaitu buka laman resmi e-Samsat berdasarkan provinsi.

Lalu, isi data kendaraan Anda, termasuk kota, nomor polisi atau plat kendaraan. Isi form yang muncul dan pilih Samsat terdekat. Lakukan pembayaran melalui ATM dan terakhir ambil nota pajak di samsat yang Anda pilih.

3. Cara Perpanjang STNK Offline ke Samsat Terdekat

Pembayaran pajak di kota lain dapat Anda lakukan juga dengan langsung mendatangi kantor Samsat terdekat. Di beberapa kota besar bahkan tersedia Samsat keliling atau Samsat Corner. Anda hanya perlu membawa persyaratan dokumen dan ikuti saja instruksinya.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...