Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Ini Cara Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai, Ingat Baik-Baik ya

Ini Cara Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai, Ingat Baik-Baik ya
Foto: Ilustrasi (Mikes-Photography dari Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Memanaskan mobil adalah rutinitas yang perlu dilakukan untuk menjaga performa kendaraan. Ada beberapa alasan perlunya memanaskan mobil ini.

Lantas, apa dampaknya jika tidak memanaskan mobil? Melansir dari Auto2000, mobil memiliki komponen aki yang membutuhkan daya listrik. Memanaskan mobil termasuk upaya meningkatkan daya listrik pada aki.

Daya listrik akan berkurang apabila mesin tidak dinyalakan. Sebab itu, penting untuk memanaskan mobil, supaya daya aki tetap bekerja dengan baik sehingga proses starter kendaraan tidak mengalami kendala nantinya.

Baca juga: Ini Cara Memanaskan Mobil Matik yang Benar, Tak Perlu Injak Pedal Gas Berulang Kali

Selain itu, memanaskan mobil akan membantu oli melumasi mesin secara merata. Apabila mobil tidak dinyalakan dalam waktu yang cukup lama, oli akan turun. Hal ini mengakibatkan sebagian mesin menjadi kering.

Proses pelumasan ini juga akan membantu memperkecil gesekan antar logam yang menyebabkan aus pada berbagai komponen mesin. Setiap pemilik mobil tentu tidak menginginkan kejadian tersebut, oleh karena itu proses memanaskan kendaraan menjadi sangat penting.

Apalagi pada mobil yang memang jarang digunakan juga perlu dipanaskan. Memanaskan mobil tidak perlu lama-lama. Apalagi mobil Anda sudah dilengkapi teknologi injeksi.

Anda dapat memanaskan mobil sampai jarum pada indikator temperatur mesin perlahan naik ke posisi tengah. Nah, berikut ini cara memanaskan mobil yang jarang dipakai secara menyeluruh yang baik dan benar.

Perhatikan Durasi Memanaskan Mobil

Durasi untuk memanaskan mobil sebenarnya tergantung dengan teknologi mesin yang digunakan. Apabila menggunakan teknologi injeksi, cukup menyalakan mobil sekitar 5 menit saja.

Berbeda dengan mobil yang menggunakan karburator atau berusia tua dengan teknologi lawas, durasi memanaskan mobil berkisar antara 10-15 menit. Panaskan mobil yang jarang dipakai ini setidaknya seminggu dua kali.

Buka Semua Jendela Mobil

Mobil yang jarang dipakai kemungkinan memiliki sirkulasi udara yang buruk. Saat memanaskan mobil, sebaiknya Anda membuka semua jendela agar sirkulasi udara tetap bersih dan nyaman.

Jangan Menginjak Pedal Gas

Saat memanaskan mobil tidak perlu menginjak gas. Biarkan saja mesin mobil mencapai putaran idle hingga indikator temperatur mesin naik. Menekan-nekan pedal gas saat mobil dipanaskan hanya berdampak pada lebih banyak bahan bakar yang terbuang.

Panaskan Mobil di Tempat Terbuka

Memanaskan mobil di tempat terbuka bertujuan agar bisa membuang gas dari knalpot mobil, sehingga gas tersebut tidak masuk ke dalam kabin. Apabila mobil dipanaskan di tempat tertutup seperti garasi, sebaiknya pintu garasi tersebut dibuka agar ada sirkulasi udara.

Mengecek Kondisi Mobil

Sembari menunggu mobil dipanaskan, Anda dapat mengecek kondisi keseluruhan mobil melalui panel instrumen. Pastikan semua komponen bekerja dengan baik dengan cara mengamati indikator-indikator di dasbor. Jika tidak ada lampu indikator yang menyala, artinya mesin mobil aman dan dalam kondisi prima.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: auto2000.co.id

Comments
Loading...