Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Cegah Penyimpangan Anggaran, Kejari Grobogan Bentuk Jaga Desa

Kejari Grobogan bersama OPD terkait dalam program Jaga Desa di tiga desa di Kecamatan Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (27/7/2022). (Murianews/Istimewa Kejari Grobogan)

MURIANEWS, Grobogan – Kasus penyimpangan anggaran desa masih terjadi di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Terakhir, terjadi di Desa Jatipecaron, Kecamatan Gubug.

Guna mencegah terjadinya penyimpangan anggaran, Kejaksaan Negeri Grobogan menyelenggarakan program Jaga Desa di tiga desa Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (27/7/2022).

Ketiga desa yang disasar dalam program bertema “Kepastian Hukum, Humanis Menuju Pemulihan Ekonomi” yakni Desa Ngembak, Genuksuran, dan Cingkrong.

Baca: Awas! Ada Kepala Kejaksaan Negeri Grobogan Palsu

Kepala Kejaksaan Negeri Grobogan Iqbal melalui Kasi Intel Frengki Wibowo mengatakan, program ini bertujuan guna mewujudkan fungsi pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi. Terutama, dalam pelaksanaan pembangunan di ketiga desa tersebut.

”Termasuk dapat meminimalisir permasalahan, dan meningkatkan rasa kepercayaan diri Kades dalam melaksanakan kegiatannya. Sehingga program pembangunan desa dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dapat tercapai,” ujar Frengki, Rabu (27/7/2022).

Diketahui, terdapat kegiatan pembangunan dengan sumber dana bantuan pemerintah daerah 2022.

”Antara lain, dana bantuan provinsi yang diterima tiga desa tersebut, berupa pekerjaan drainase dan talud,” imbuhnya.

Program ini, kata Frengki, juga sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan penerangan hukum Kejari Grobogan beberapa waktu lalu. Dalam program tersebut, pihak Kejari Grobogan bekerjasama dengan Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Grobogan.

”Kedepannya kegiatan ini akan terus dilakukan dengan mengunjungi desa-desa di wilayah Grobogan lainnya dalam rangka mewujudkan program Jaga Desa,” jelasnya.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...