Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Timnas Indonesia U-16 Pantang Mundur Meski Minim Persiapan

Piala AFF U-16 2022
Para pemain Timnas Indonesia U-16 berlatih ringan menjelang Piala AFF U-16 2022. (facebook.com/pssi/photos)

MURIANEWS, Jakarta – Timnas Indonesia U-16 yang akan tampil di Piala AFF U-16 2022, bisa dikatakan minim persiapan. Tim ini tidak dipersiapkan secara khusus, untuk menghadapi turnamen level regional Asia Tenggara ini.

Bima Sakti yang ditunjuk PSSI menjadi pelatih Timnas Indonesia U-16 baru membentuk tim pada Mei 2022 lalu. Dalam prosesnya, untuk mendapatkan pemain juga dilalui dengan proses yang bisa dikatakan tidak maksimal.

Pandemi Covid-19 yang terjadi selama dua tahun, juga membuat para pemain yang saat ini tergabung bukanlah pemain-pemain yang kenyang kompetisi. Sehingga pengalaman dan mental bertanding mereka bisa saja tidak seperti yang diharapkan.

Seleksi pemain yang dilakukan juga tidak melewati proses seperti sebelumnya, melalui masing-masing Asoprov PSSI. Bisa jadi hal ini juga membuat, mereka yang terjaring tidak sepenuhnya merupakan bakat terbaik.

Meski demikian Bima Sakti menyatakan pihaknya tetap optimis mampu berbicara banyak di turnamen Piala AFF U-16 2022 ini. Semua kondisi yang menyertai tim ini menurutnya adalah sebuah tantangan yang harus bisa dilalui.

BACA JUGA: Timnas Indonesia U-16 Siap Mengejar Kemenangan

“Bulan Mei 2021 kita seleksi awalnya. Alhamdulillah semua banyak peningkatan. Kami tetap optimistis di Piala AFF U-16 2022,” kata Bima dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (27/7/2022) siang.

Tidak seperti Timnas Indonesia U-19 yang sempat berlatih di Korea Selatan dan Turki menjelang Piala AFF U-19, Timnas U-16 tidak kemana-mana. Mereka datang ke Piala AFF dengan kondisi apa adanya.

Para pemain Timnas Indonesia U-16 bahkan tidak bisa berkompetisi dengan intens, karena tidak ada kompetisi di masa pandemic. Mereka hanya melakukan latihan di SSB (Sekolah Sepak Bola) mereka masing-nasing.

Bima Sakti menyatakan, para pemainnya tetap akan bersikap pantang mundur di turnamen ini. Meski harus menghadapi tim-tim kuat, timnya tetap diharapkan bisa memberikan kejutan besar di turnamen ini.

Piala AFF U-16 2022 akan berlangsung mulai Minggu, 31 Juli 2022. Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Filipina U-16. Pertandingan ini merupakan awal perjuangan mereka di Grup A. Setelahnya Timnas Indonesia U-6 masih akan berhadapan dengan Singapura U-16 dan Vietnam U-16.

Penulis: Budi Erje
Editor: Budi Erje
Sumber: CNN Indonesia

Comments
Loading...