Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Gawat! Kerawanan Narkoba di Jepara Rangking Dua Se-Jateng

Gawat! Kerawanan Narkoba di Jepara Rangking Dua Se-Jateng
Ilustrasi narkoba. (google images)

MURIANEWS, Jepara – Jumlah kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah cukup mengkhawatirkan. Dari data Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng 2021, Kabupaten Jepara menempati peringkat kedua Jateng dalam peta kerawanan dan peredaran narkoba.

Itu diungkapkan Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta saat membuka pelatihan Relawan Anti Narkoba di Gedung Shima Setda Jepara, Rabu (27/7/2022). Menurutnya, dalam data yang sama kasus penyalah gunaan narkoba di Jepara mengalami peningkatan 1,56 persen dari sebelumnya.

Sementara, tingkat kerawanan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polres Jepara pada 2021 terbanyak, di Kecamatan Batealit dan Tahunan. Masing-masing ada tujuh kasus.

Kemudian, disusul Kecamatan Bangsri dengan enam kasus, Kecamatan Jepara (5) dan Pecangaan (4). Sementara itu, hingga Juli 2022 ini, Polres Jepara mengungkap kasus narkoba sebanyak 23 kasus dengan total 33 orang tersangka.

Kondisi itu membuat Edy Supriyanta prihatin. Menurutnya, semua pihak harus memberikan perhatian pada tingginya kasus penyalahgunaan narkoba itu.

Baca: Diduga Kurir Narkoba, Pemuda di Jepara Ditangkap

Berbagai upaya, lanjutnya, harus ditempuh dengan menggandeng semua elemen untuk memerangi narkoba secara konsisten di tengah masyarakat.

“Kita semua sangat prihatin dengan kondisi ini. Untuk itu, sosialisasi serta penyebaran informasi tentang bahaya narkoba di tengah masyarakat harus terus-menerus dilakukan. Sehingga kesadaran masyarakat akan terbangun dengan sendirinya. Tiap desa juga harus dibentuk relawan anti narkotika,” jelas Edy.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

Comments
Loading...